Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2012, 09:34 WIB

KOMPAS.com - Bila bau tak sedap muncul pada tali pusat, bisa dipastikan tali pusat di kecil terinfeksi. Selain muncul bau tak sedap, ditandai pula dengan tali pusat yang basah, timbul ruam merah atau bengkak di sekitar pangkal tali pusat, dan kadang disertai demam.

Infeksi tali pusat dapat terjadi akibat kurang terjaganya kebersihan tali pusat pada saat bayi baru lahir ataupun sepanjang masa perawatan tali pusat.

Bisa jadi sisa tali pusat tersebut terkena air kencing bayi yang mengandung bakteri atau kuman, apalagi bila kondisi lingkungan di sekitarnya lembab sehingga memudahkan bakteri atau kuman berkembang biak.

Penanganan
1. Segera periksakan bayi ke dokter.
2. Lakukan perawatan tali pusat yang benar. Saat bayi dimandikan, bersihkan tali pusat dengan air bersih dan sabun. Keringkan tali pusat dengan handuk. Bersihkan tali pusat dengan kasa steril yang dibasahi alkohol 70 persen. Biarkan terbuka, tidak perlu dibungkus dengan kasa atau kapas.
3. Untuk pencegahan, bersihkan tali pusat dengan air dan sabun, lalu keringkan dengan handuk bersih terutama daerah tali pusat yang masih berwarna putih di bagian pangkalnya (tali pusat yang bermuara ke perut bayi). Biarkan terbukaa sehingga cepat mengering.

(Tabloid Nakita/Uut)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com