Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2012, 18:49 WIB

KOMPAS.com – Banyak alasan yang menyebabkan make-up Anda di dalam tas pecah berantakan. Sebut saja, isinya yang terlalu penuh atau kecerobohan Anda sendiri (jatuh, tidak menutup make-up rapat-rapat atau menaruh tas sembarangan).

Bila hal itu terjadi, jangan terburu-buru membuang produk favorit Anda, dibutuhkan sedikit trik untuk membuatnya masih berguna. Plus, Anda bahkan dapat mengkreasikannya menjadi palet yang benar-benar sesuai selera pribadi.  

Lipstik
Metode 1: Memperbaiki bentuknya
Katakan lipstik kesayangan atau lipstik yang baru Anda beli patah. Anda bisa kok menyambungnya kembali sendiri. Gunakan hair dryer atau korek api untuk menyatukan dua bagian kembali bersama-sama. Caranya panaskan bagian tersisa di tabung lipstik sehingga menjadi lembek, kemudian dengan lembut tempelkan ujung yang patah sambil merapikan sisinya. Setelah itu, simpan dalam lemari es dan biarkan mengeras. Jangan lupa, pastikan tangan dan alat-alat yang digunakan bersih agar produk tidak terkontaminasi.

Metode 2: ubah menjadi palet
Sebagai alternatif, Anda dapat memindahkan lipstik Anda ke wadah lain, seperti kotak obat atau wadah kecil lain dengan tutup. Gunakan alat pendorong kutikula, ambil sisa produk dari tabung lipstik. Lalu tempatkan potongan yang patah dan sisanya ke dalam wadah pilihan Anda. Kemudian, Anda dapat menggunakan hair dryer untuk mencairkan produk. Terakhir ratakan permukaannya.

"Compact"
Metode 1: memperbaiki  bentuknya
Blush, bronzer, eyeshadow, dan foundation berbentuk bubuk padat (compact) memiliki kecenderungan untuk pecah atau hancur berantakan, meski Anda tak menjatuhkannya. Langkah pertama keluarkan semua dari kemasannya dan hancurkan hingga menjadi serbuk halus. Lalu tambahkan beberapa tetes alkohol ke dalam campuran, dan tepuk-tepuk untuk menciptakan permukaan datar kembali.

Metode 2: mengubah fungsinya
Anda juga dapat mengubah bubuk tersebut menjadi krim. Langkah pertama sama seperti di atas, hancurkan hingga menjadi bubuk halus. Lalu campurkan Vaseline. Tempatkan dalam wadah, dinginkan, dan Anda telah membuat alternatif yang tahan retak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com