Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2012, 12:58 WIB

KOMPAS.com – Tepung roti paling enak sebagai baluran untuk menggoreng ikan, ayam, bahkan tempe dan tahu. Bila Anda menginginkan pilihan tepung roti yang lebih sehat dan yakin aman tanpa bahan pengawet, kenapa tak membuatnya saja sendiri? Caranya mudah, Anda pun bisa menambahkan keju, parsley, atau thyme agar memiliki tepung roti dengan citarasa yang berbeda. 

Yang Anda perlukan hanya roti yang sudah keras, bahan tambahan rasa serta food processor untuk menghancurkan semuanya menjadi tepung.

“Tepung roti bisa dibuat dari roti baguette atau yang dikenal dengan roti Perancis. Tapi Anda juga bisa menggunakan roti tawar lainnya: roti putih atau pun gandum, “saran Chef Arimbi Nimpuno Probosutedjo, dalam acara “Healthy Cooking in Style with Philips & Chef Arimbi Nimpuno”, Pakubuwono Residence, Jakarta, Kamis (29/11/2012) lalu.

Dibantu oleh dua chef lainnya dari Tree Food Concept, Chef Putri Miranti dan Chef Yuda Bustara, ketiga Chef ini bersama Philips membagikan resep serta menggelar kelas memasak untuk media di Arimbi Kitchen. Ternyata ada banyak bahan makanan yang dijual, bisa dibuat sendiri di rumah. Seperti mayones dan tepung roti.

“Pemilihan roti baguette karena teksturnya yang memang sudah keras dan renyah. Tetapi bisa juga diganti dengan roti tawar. Hanya saja jika menggunakan roti tawar perlu dikeringkan terlebih dahulu sebelum dihancurkan, Caranya angin-anginkan roti semalaman,” saran Chef Putri.

Roti tawar memiliki tekstur yang lembut, jadi Anda perlu mengeluarkan dari kemasannya dan dibiarkan terkena angin semalaman. Nah, hasilnya Anda bisa mendapatkan roti yang siap diolah menjadi tepung roti.

Setelah roti siap Anda tinggal menghancurkan semuanya dalam food processor.  Bila suka Anda bisa mengkreasikan tepung roti buatan sendiri dengan menambahkan herb seperti thyme atau parsley. “Selain itu keju parmesan, rendang kering suir juga bisa. Jadi Anda memiliki tepung roti kaya rasa,” lanjut Chef Putri. Setelah itu Anda dapat menyimpan tepung roti buatan sendiri dalam wadah bersih yang kedap udara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com