Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2012, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Kulit kering dapat menyebabkan banyak masalah kulit seperti jerawat, kerutan, komedo dan lain-lainnya. Selain rentan dengan masalah, memiliki kulit kering ini juga membuat Anda serba salah dalam merias. Jika biasanya pelembab dan olive oil digunakan untuk menghidrasi kulit sebelum make-up, namun pada kulit kering penggunaannya akan membuat kulit Anda jadi berminyak. Sedangkan penggunaan foundation dan bedak padat akan membuat kulit wajah semakin kering. Begini triknya mendandani kulit kering

1. Membersihkan wajah

Membersihkan wajah adalah aturan dasar make-up yang berlaku untuk semua jenis kulit. Apapun jenis Kulit Anda, harus membersihkan wajah sebelum dan sesudah berdandan. Mencuci wajah sebelum dandan akan menghilangkan kotoran yang ada di atas kulit. Sedangkan membersihkan make-up sesudah dandan akan membantu sel kulit bernafas. Selain itu bahan kimia dari produk kosmetik juga bisa merusak kulit.

Bersihkan wajah 10-20 menit sebelum mengaplikasikan make-up dengan menggunakan susu pembersih. Susu pembersih akan membantu menghilangkan kotoran, sisa sabun, sel kulit mati dan melembabkan kulit. Sesudahnya cuci dengan air dingin dan tepuk kulit perlahan sampai kering.

2. Campur "foundation" dengan pelembab
Agar kulit kering terlihat lebih cantik, sebaiknya campur foundation dengan pelembab. Jika diaplikasikan salah satunya saja maka bisa jadi kulit malah terlihat pucat. Sebelum mengaplikasikan foundation cair, pastikan Anda mencampurkannya dengan pelembab baru oleskan ke wajah.

3. Hindari "concealer" krim
Concealer berbentuk krim tidak sesuai untuk kulit kering karena bisa membuat wajah terlihat berminyak. Jika ingin menyembunyikan noda, bintik hitam atau bekas jerawat sebaiknya pilih concealer yang punya formulasi yang lebih ringan dari foundation, misalnya concealer cair.

4. "Blush on"
Hindari menggunakan blush on berbentuk gel karena terasa berat di wajah. Gunakan blush on berbentuk krim dengan stroke ringan di pipi. Yang paling penting adalah, jika punya kulit kering hindari untuk menggunakan kosmetik berbentuk bubuk atau padat (compact)

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com