Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2012, 12:12 WIB

KOMPAS.com - Tubuh segar dan sehat tidak didapatkan begitu saja. Selain olahraga ada berbagai kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh dan kulit tetap sehat. Tiru kebiasaan sehat ini.

1. Olahraga
Semua orang tahu kalau olahraga adalah kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan. Kenyataan selalu saja ada alasan untuk tidak berolahraga. Sebenarnya tak perlu olahraga berat, cukup beberapa gerakan sederhana seperti push-up atau sit-up dengan 15-20 repetisi guna membentuk otot. "Membangun otot adalah hal yang bisa dilakukan untuk membakar metabolisme Anda. Pembakaran metabolisme ini akan bermanfaat untuk meningkatkan energi," ungkap ahli gizi, pelatih kebugaran dan penulis buku The Secret to Skinny, Lyssie Lakatos. Ia menambahkan bahwa semakin kecil massa otot yang dimiliki maka semakin banyak kalori tubuh yang akan terbakar, bahkan saat Anda sedang tidur.

Selain sit-up dan push-up, lompat tali juga jadi cara efektif untuk membakar kalori. "Lompat tali adalah cara yang cepat untuk meningkatkan detak jantung dan metabolisme," ungkap LaReine Chabut, penulis buku Lose the Baby Fat. Lakukan selama lima menit sehari dan Anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang bagus, mengurangi selulit dan metabolisme yang baik.

2.Sarapan
Sarapan juga sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus menjaga bobot tubuh. "Untuk menurunkan berat badan 2 kg sebaiknya mulailah dengan mengurangi 200-300 kalori per hari," ungkap Lakatos. Agar lebih mudah, mulailah dengan meninggalkan empat gigitan terakhir makanan yang ada di piring Anda. Ia juga menyarankan untuk mengasup makanan rendah kalori. Selain itu ganti juga makanan penutup Anda yang manis dengan campuran buah dan yogurt. "Campuran ini akan memberikan sensasi manis, dingin dan memuaskan seperti cake atau es krim, hanya saja lebih menyehatkan," tambahnya.

3. Banyak bergerak
Terlalu banyak makan akan menyebabkan lemak menumpuk di tubuh, dan membuat Anda malas bekerja. Kelebihan lemak inilah yang harus dibakar untuk menghasilkan energi. Cobalah untuk mulai banyak bergerak sekalipun sedang di kantor. Misalnya berjalan kaki, naik tangga, atau berjalan dengan high heels

4. Angkat beban
Jangan buru-buru menghindar jika disuruh latihan angkat beban. Tak perlu lakukan di gym, lakukan saja sendiri di rumah. Anda bahkan bisa melakukannya sambil mengerjakan pekerjaan rumah, atau sambil menemani anak bermain. Bermainlah bersama anak sembari memposisikan si kecil sebagai beban Anda. Berbaringlah di lantai dan angkat si kecil tinggi ke atas. Latihan ini akan membantu membakar lemak dan memperkuat otot tangan.

5. Hindari minuman berkalori
Beberapa minuman seperti smoothies, kopi, jus, soda dan minuman olahraga adalah minuman berkalori tinggi. "Tanpa disadari, Anda sudah banyak menyantap kalori dari minuman saja.Tapi otak tak mendapat sinyal bahwa Anda sudah mendapatkan kalori cukup, sehingga Anda masih merasa lapar. Lewatkan smoothies dan ganti dengan buah," ungkap Lakatos. Ia juga menyarankan untuk menyantap semangka agar Anda bisa terhidrasi dan merasa kenyang.

6. Tidur terjadwal
Kesibukan bisa membuat Anda sulit tidur atau tidur terlalu larut. Padahal sulit tidur bisa membuat tubuh Anda kurang segar dan lemas. Para ahli memang menyarankan untuk tidur selama 6-8 jam sehari. "Tapi yang paling penting adalah punya jadwal khusus untuk tidur dan bangun dalam jam yang sama setiap hari, termasuk saat akhir pekan," saran Lakatos.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com