Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2012, 11:50 WIB

KOMPAS.com- Bra adalah item fashion yang paling penting bagi perempuan. Kadang sulit untuk menemukan bra yang cocok. “Banyak perempuan yang tak memakai bra yang sesuai ukurannya,” Dr. Alfiah Amirudin, MD, MS, Konsultan Ahli Bedah Payudara, RS Mitra Keluarga Kemayoran, kepada media beberapa waktu lalu.

"Cara paling gampang mengetahui bra tersebut tidak pas adalah saat melepasnya Anda akan merasa lega. Itu tandanya bra yang dikenakan kekecilan," ujar Dr. Alfiah lebih lanjut.

Mengenakan bra kekecilan menurut Dr. Alfiah, dapat menyebabkan nyeri, sebab bra memberikan penekanan pada saraf halus dan menghambat aliran oksigen yang dihantarkan ke payudara melalui pembuluh darah.

"Yang paling kelihatan efeknya adalah timbulnya hiperpigmentasi (kulit yang menghitam) pada kulit bagian bawah dan samping payudara."

Lalu bagaimana menemukan bra yang tepat, Kimberly Caldwell dari Linda's Bra Salon, Manhattan, memberikan solusinya:

Jadikan bra sebagai prioritas
Oke, bra adalah item fashion yang tak kelihatan. Tetapi bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih bra. Tahukah Anda bahwa bra yang tepat dapat membuat Anda terlihat lebih ramping dan bahkan busana Anda akan terlihat lebih mahal, begitu pendapat Caldwell. "Jika Anda memakai bra yang tepat, pakaian Anda bisa melihat seribu kali lebih baik," katanya. "Bra tak sekadar harus bagus dan paling penting mampu menopang payudara Anda dengan baik."

Tak perlu beli banyak
Anda tidak perlu membeli bra selusin sekaligus. Belil saja 1-3 bra, kata Caldwell. "Mulailah membeli dengan warna dasar seperti nude yang akan terlihat sempurna jika mengenakan kaus terutama yang berwarna putih atau pakaian warna putih lainnya. Lalu, satu atau dua buah berwarna hitam. Bila sudah menemukan yang pas. Anda bisa kembali lagi membeli dengan model atau warna lebih beragam," kata Cadwell.

Ganti bra setahun sekali
Makanya Anda tidak disarankan untuk membeli sekaligus banyak. Sebab setiap setiap 6-12 bulan, Anda harus membeli baru serta mencari tahu ukuran yang pas."Banyak perempuan berpikir bahwa ukuran bra mereka akan pas selamanya dan itu tidak benar," kata Caldwell. Dia mengingatkan bahwa bra seperti celana jeans. Setiap merek dan gaya, akan pas dengan ukuran yang berbeda.

"Lebih penting lagi, sebagai perempuan tubuh kita berubah sepanjang waktu." Ukuran bra Anda bisa berubah karena kehamilan, menopause, perubahan hormonal, pembedahan payudara atau fluktuasi berat badan. Caldwell mengatakan bahkan jika Anda tidak mengalami hal-hal yang disebutkan, Anda harus mengunjungi toko karena produsen terkadang mengubah ukuran mereka, juga.

Alasan lainnya harus rutin mengganti bra sebab dibuat dengan bahan elastis, yang hanya memiliki masa hidup sekitar 6-12 bulan. Sebagai penopang yang sempurna fungsinya akan berkurang atau mungkin hilang usai masa tersebut. Anda dapat mengganti bra Anda pada saat yang sama toko sedang menggelar obral.

Cara mengukur bra sendiri
Mulai dengan mengukur di bawah garis payudara Anda dengan pita ukuran. Pita pengukur harus horisontal dan melingkar pas ke seluruh tubuh. Ini adalah ukuran underbust Anda, atau pengukuran band. Setiap band harus nyaman tetapi semakin besar payudara yang Anda miliki, semakin ketat band Anda. Kemudian, ukur kembali melingkar tepat pada bagian payudara Anda. Ini adalah ukuran cup Anda. Jika ukurannya aneh dan tak ada pilihlah ukuran cup terdekat. Lebih mudah lagi Anda bisa, mencari penghitungan kalkulator bra di internet.

(Dari berbagai sumber)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com