Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2012, 14:21 WIB

KOMPAS.com - "Wajah saya cenderung berminyak, sehingga siang hari make-up sudah luntur. Bagaimana membuat make-up segar kembali dalam waktu singkat?" (Pinta, Jakarta)

Benar sekali, kelebihan minyak pada wajah cepat membuat make-up luntur, demikian menurut Amy Wirabudi, Pemimpin Redaksi Majalah InStyle Indonesia. Apalagi jika udara panas sekaligus lembab. Karena kondisi kulit yang seperti itu, sebaiknya Pinta selalu menyiapkan tisu atau kertas penyerap minyak di tas. Gunakan untuk mengangkat kelebihan minyak dari wajah, terutama di zona T dan mata.

Jika eyeliner luntur, gunakan spons make-up dan bersihkan mata dari eyeliner yang luntur. Untuk lipstik yang luntur dan tersisa sedikit di tepi bibir, sekalah dengan tisu. Agar bersih, olesi dulu bibir dengan lipbalm, baru setelah itu diseka.

Setelah make-up yang luntur dibersihkan, mulailah dengan sentuhan penyegar. Lakukan touch up dengan memakai spons. Foundation yang masih ada di wajah tidak perlu ditambah kalau tidak terpaksa. Bubuhkan saja sedikit concealer pada beberapa area yang membutuhkan, misalnya di lingkar gelap mata dan pada noda bekas jerawat.

Kalau Pinta tidak membawa concealer, bisa gunakan sedikit foundation dan baurkan dengan spons. Setelahnya, tambahkan bedak dengan kuas agar hasilnya natural dan tidak menggumpal.

Tip: Jangan membubuhkan bedak ke seluruh wajah, tapi cukup di tempat yang diperlukan, misalnya T-zone (di dahi, sepanjang hidung, dan dagu). Selanjutnya, pulas blush dan eyeshadow seperlunya. Bubuhkan sedikit bedak pada kuas eyeshadow dan pulaskan ke sekeliling mata, khususnya pada tulang mata.

Sebagai sentuhan akhir aplikasikan lipstik atau shimmery lip gloss agar rona wajah semakin bersinar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com