Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2012, 10:21 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda bertanya, apakah normal jika pasangan selalu bertengkar mengenai topik yang sama berulang kali? Terapis keluarga, Sheryl Woodhouse menjawab, hal ini adalah normal. Mengapa? Karena sejak kecil Anda kerap tak bisa mengungkapkan hal yang penting menurut Anda, lantaran orangtua cenderung mengabaikan kebutuhan Anda untuk didengarkan.

Kalau Anda mulai lelah bertengkar dengan pasangan mengenai hal yang sama, tak perlu merasa sendiri karena ini terjadi pada banyak orang. Meski begitu, bukan berarti Anda dan pasangan tak bisa mengubah kondisi ini. Jangan sampai muncul perasaan tersakiti karena Anda dan pasangan tak saling mendengarkan.

Woodhouse menyarankan lima hal yang perlu pasangan lakukan untuk mengatasi pertengkaran berulang.

1. Kenali masalah.
Pahami apa yang menjadi sumber masalah dari pertengkaran Anda. Apakah Anda dan pasangan memiliki pemahaman yang sama atau jangan-jangan Anda dan pasangan punya masalah yang berbeda.

2. Temukan solusi.
Anda dan pasangan perlu memikirkan bersama, sebenarnya apa yang ingin dicapai dalam hubungan? Apa solusi yang diinginkan kedua belah pihak agar pertengkaran ini tak lagi terjadi apalagi sampai menyakitkan salah satu atau kedua belah pihak.

3. Cari bantuan.
Dengan kondisi saat, apakah Anda dan pasangan mampu menyelesaikan masalah berdua? Atau jika membutuhkan bantuan, bantuan seperti apa yang Anda butuhkan? Tentukan bersama apakah Anda dan pasangan merasa mampu menyelesaikan sendiri atau butuh campur tangan pihak lain?

4. Hentikan saling menyalahkan.
Berhenti saling menyalahkan! Jangan mendominasi hubungan dengan kata "Saya" untuk membela diri, atau menyalahkan pasangan apalagi menyerangnya dengan menekankan kata "Kamu" yang dikaitkan dengan berbagai masalah. Cobalah untuk mendengarkan orang lain, jangan bersikap defensif.

5. Tanyakan kebutuhan pasangan.
Selain mendengarkan pasangan, tanyakan apakah ada hal lain yang menjadi perhatian dan perlu diungkapkan pasangan. Jangan hanya peduli dengan diri sendiri, tapi cobalah untuk memahami apa yang sebenarnya dipikirkan pasangan atau apa yang dibutuhkannya dari Anda juga hubungan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com