Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2012, 15:08 WIB

KOMPAS.com - Bila ibu hamil merasa kelelahan karena jarak kantor terlalu jauh dari rumah, begitu pun jika harus bekerja dengan sistem shift atau pekerjaan menuntut fisik yang ekstra, tak ada yang salah jika muncul keinginan pindah kerja.

Meski hamil, peluang untuk dapat diterima bekerja tetap ada bila suatu perusahaan membutuhkan keahlian Anda. Jika Anda sudah bulat memutuskan pindah kerja, perhatikan beberapa hal berikut ini saat melamar pekerjaan.

* Jelaskan kehamilan Anda. Saat wawancara dengan pihak HRD, ceritakan apa adanya termasuk tentang kehamilan Anda agar perusahaan tempat Anda melamar kerja bisa memahami kondisi Anda.

* Tanyakan peraturan. Terutama mengenai cuti bersalin serta fasilitas lain yang terkait dengan kehamilan. Tentunya Anda perlu mengetahui bagaimana peraturan perusahaan terkait kondisi kehamilan Anda, terutama untuk karyawan baru.

* Penyesuaian. Saat Anda resmi pindah ke kantor baru, segera lakukan penyesuaian supaya Anda merasa nyaman sehingga tak memengaruhi kondisi janin.

* Yakin optimal. Bersikaplah positif, yakin bahwa Anda dapat bekerja optimal meski sedang berbadan dua.

(Tabloid Nakita/Hilman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com