Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2012, 09:54 WIB

T:
Dalam keseharian, banyak orang berkata bahwa makan sayuran kangkung dapat membuat tensi kita turun dan badan terasa lemas. Benarkah itu? Lalu apa manfaat dari kangkung itu sendiri bagi tubuh kita, bukankah kita dianjurkan untuk banyak mengonsumsi sayuran? (Munawir, 36)

J:
Terima kasih Mas Munawir atas pertanyaannya.
Betul sekali Mas Munawir, konsumsi sayuran sangat dianjurkan dalam menu makanan sehari-hari dengan jumlah antara 5-6 porsi. Bagaimana dengan kangkung?

Kangkung merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan zat gizi yang dimilikinya. Dalam 100 gr sayuran kangkung terkandung air (90 persen), protein (3 persen), serat (0,9 persen), lemak (0,9 persen), karbohidrat (4,3 persen), mineral (2 persen), asam nikotinamid 0,6 mg, riboflavin 120 mg, vitamin C 137 mg, dan vitamin E 11 mg.

Selain itu kangkung juga mengandung karoten, asam amino, maupun polifenol. Adapun jenis-jenis mineral yang terkandung dalam kangkung seperti natrium, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan cuprum (Sumber: Prasaad K.N, dkk. International Journal of Botany 4(1), 123-9, 2008).

Melihat banyaknya kandungan zat gizi yang ada di dalamnya, maka kangkung baik digunakan untuk:
* Efek sedasi, memberikan rasa tenang, mengurangi kecemasan, sehingga berefek pada penurunan tekanan darah dan membuat lebih mudah terlelap.
* Mencegah konstipasi atau sembelit karena kandungan serat dan air yang cukup baik.
* Mencegah rasa lemas, sulit berkonsentrasi, pusing, dan lain-lain, yang sering terjadi akibat kekurangan zat besi, sehingga sangat baik untuk menghindari diri dari kekurangan zat besi.
* Baik juga untuk mencegah proses degenerasi yang terjadi akibat radikal bebas karena kaya akan karotenoid, polifenol, maupun vitamin, mineral yang berfungsi sebagai antioksidan.

Oleh karena itu Mas Munawir tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi kangkung….

Baca juga:
Jika Darah Rendah, Minumlah Teh atau Kopi
Ngantuk Setiap Habis Makan
Minum Susu Bisa Meninggikan Badan?
Benarkah Mentimun Menyebabkan Keputihan?
Jika Sayur Dihangatkan Berulangkali

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com