Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2012, 12:17 WIB

KOMPAS.com — Ada beberapa problem kecantikan yang cukup memalukan untuk ditanyakan. Misalnya masalah rambut kemaluan, mengatasi rambut yang tumbuh di wajah seperti kumis, hingga uban yang tumbuh sebelum waktunya. Berikut adalah solusi atau jawaban dari ahlinya.

T: Saya baru-baru ini mencoba bikini waxing sendiri di rumah, akibatnya kulit area itu memar-memar. Apa yang harus saya lakukan?
J: Beberapa hal bisa menjadi penyebabnya: lilin yang terlalu panas atau kulit Anda terlalu kering. Mungkin Anda menarik lilin terlalu cepat atau meninggalkannya terlalu lama, menyebabkan ia dingin dan menempel ke kulit. "Waxing bukanlah teknik yang mudah untuk dikuasai, itulah sebabnya yang terbaik adalah serahkan saja kepada ahlinya," kata Doris J Day, MD, Clinical Assistant Professor of Dermatology di New York University. Untuk menyembuhkan kulit Anda, gunakan pelembab seperti Vaseline. Jika muncul benjolan, segera kunjungi dokter kulit Anda.

T: Saya masih muda tapi rambut sudah beruban. Apakah ada cara mengatasinya selain mengecat rambut?
J: Jawabannya bisa ya dan tidak. Uban disebabkan oleh rambut yang kekurangan pigmen warna. Penggunaan sampo yang berbahan keras dapat menyebabkan rambut kering, kehilangan kelembaban alaminya dan juga warnanya. "Mencuci rambut terus-menerus dengan sampo yang keras merampas minyak dan kelembaban alami rambut," lanjut Dickie, pendiri Hair Rules Salon, New York City. "Itulah mengapa rambut Anda di usia 40 tidak mengkilap dan lembut seperti ketika Anda berada di usia 20-an." Hindari sampo yang dibuat dengan sulfat. Leave-in conditioner juga akan membantu melembutkan dan menghaluskan rambut Anda.

T:  Rambut kemaluan saya beruban, amankah jika saya warnai?
J: Jawabannya adalah ya, gunakan produk yang memang dikhususkan untuk mewarnai rambut di bawah sana. "Untuk amannya, jangan mengecat rambut yang lebih rendah dari tulang kemaluan Anda," kata Mia Markey, pemilik Studio 9 Hair Design di Cold Spring, New York. "Juga, hindari produk yang dibuat dengan bahan kimia seperti peroksida atau amonia." Pilih produk yang berbahan dasar air dan menggunakan bahan-bahan lembut, seperti chamomile dan serai; dan jangan berlebihan dalam mewarnainya.

T: Apa yang bisa saya lakukan terhadap kumis yang tiba-tiba tumbuh di dagu saya?
J: "Anda bisa mencabutnya dengan pinset," kata Molly R Stern, makeup artist selebriti, asal Los Angeles. Gunakan pinset, lalu dekatkan hingga dasar dan tarik. Berhati-hatilah untuk tidak melukai kulit. Jika Anda punya lebih dari beberapa rambut, segera kunjungi dokter Anda. "Sindrom ovarium polikistik adalah penyakit yang ditandai oleh tingginya tingkat hormon laki-laki, atau problem pada kelenjar adrenal Anda," kata Doris J Day, MD. Jika Anda cukup berbulu, maka tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menghindari genetika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com