Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2012, 08:11 WIB

KOMPAS.com - Ke mana Anda akan pergi liburan akhir tahun? Apakah sudah merencanakan perjalanan akhir tahun dengan baik? Apakah dananya cukup? Dengan siapa Anda berwisata? Apa pun, ke mana pun dan bagaimana pun Anda berwisata, sebaiknya Anda memerhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Jadikan momen ini sebagai waktu untuk refreshing.
Berwisata adalah kegiatan pribadi atau keluarga yang bertujuan untuk refreshing setelah bekerja dalam kurun waktu tertentu yang cukup lama. Misalnya setahun bekerja.

2. Hadiah untuk diri sendiri.
Berwisata juga lebih merupakan hadiah diri atau keluarga setelah bekerja keras. Ibarat berakit-rakit ke hulu, berenang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

3. Tidak berutang.

Berwisata adalah aktivitas "menghabiskan dana" yang memang terlah dipersiapkan (dicadangkan) di waktu lalu, untuk menikmati keindahan alam dalam suasana liburan. Sehingga setelah wisata usai, pikiran dan hati senang, serta tidak ada beban yang menjadi tanggungan di masa depan. Artinya perjalanan wisata tidak dilakukan dengan cara berutang, dengan bersenang dan menikmati suasana liburan di depan lalu bersusah payah di belakang membayar pinjaman.

4. Rencana jangka panjang.
Semestinya, perjalanan wisata adalah sebuah perjalanan yang direncanakan dengan baik dalam waktu yang cukup, sehingga waktu dan tempat serta aktivitas yang ingin dinikmati dapat terlaksana dengan baik di tempat tujuan. Oleh sebab itu rancanglah terlebih dahulu perjalanan wisata Anda dengan baik jauh hari dengan seksama, agar wisata Anda memberikan kesenangan yang sempurna.

5. Cadangan dana.
Cadangkan dana untuk buah tangan atau benda kenangan bagi diri dan keluarga terlebih dahulu, lalu catat sanak keluarga dan kerabat yang ingin Anda berikan cindera mata. Pastikan buah tangan tersebut tidak memberatkan baik dari segi dana maupun jumlah kilogram berat barang-barang tersebut. Jangan sampai Anda membeli dan membawa cindera mata yang membuat Anda harus membayar pajak dan bagasi tambahan.

6. Dana lebih banyak.

Selalu bawa dana lebih dari anggaran yang telah Anda rencanakan sebesar 20 persen lebih banyak. Hal ini untuk persiapan membayar hal-hal tak terduga sebelumnya.

7. Asuransi perjalanan.

Bila Anda berwisata ke negeri yang jauh, jangan lupa lindungi diri dengan perlindungan asuransi perjalanan sebelum Anda berangkat.

Selamat menikmati perjalanan wisata akhir taun yang menyenangkan, dan berbahagialah sepanjang waktu wisata hingga tiba kembali ke rumah.

(Majalah Chic/Freddy Pieloor, CFP, Financial Planner)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com