Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2012, 14:00 WIB

Kompas.com - Saat ini orang menikmati kopi bukan sebatas meminumnya tetapi sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Selain minuman kopi juga diolah menjadi beragam makanan, hingga bahan dasar kosmetik.

Meski sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban saat ini, kebanyakan orang hanya tahu mengonsumsi serta menikmati secangkir kopi enak tanpa tahu cara menyimpan kopi yang baik dan benar.

Menurut Barista dan Chef, Ron Prasanto. Kopi dalam kemasan akan bertahan kesegaran dan aromanya hanya dalam waktu 2 sampai 3 hari setelah kemasan dibuka. Namun kopi kemasan bila disimpan dengan cara yang benar, aroma dan kesegarannya akan bertahan 3 sampai 4 bulan.

"Kopi instan atau kemasan hanya akan bertahan dua sampai tiga hari, setelah itu aroma dan kesegarannya mulai memudar." kata Chef Ron Prasanto. Agar Anda tetap bisa menikmati kopi dengan kualitas terbaiknya, setelah dibeli Chef Ron menyarankan untuk menyimpan dalam wadah kedap udara. Hal ini untuk menjaga kualitas aroma kopi itu sendiri.

Apabila Anda tidak memiliki wadah kedap udara, Anda bisa menyimpan kopi tetap dalam kemasannya, dengan mengikat kemasan kopi rapat - rapat. Pastikan tidak ada udara yang dapat masuk ke dalam kemasan tersebut. Kopi juga sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan, jangan sekali-kali menyimpan kopi di dalam lemari es karena dapat merusak karakter dan kualitas kopi.

Kopi kemasan biasanya sudah dipasarkan dalam bentuk serbuk sehingga membuat aroma yang dihasilkan akan cepat hilang bila tidak cepat-cepat digunakan setelah kemasan dibuka. Pecinta kopi biasanya lebih memilih kopi yang masih dalam bentuk bean (biji), sebab ketahanan aromanya akan lebih lama meski terkena udara. Bila Anda melakukan penyimpanan kopi dengan benar, Anda akan menikmati kopi dengan kualitas terbaik di rumah lebih lama. Kopi bubuk yang tersimpan baik kesegaran dan aromanya akan bertahan hingga 4 bulan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com