Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2012, 17:34 WIB

KOMPAS.com - Anda dan keluarga tetap bisa traveling tanpa harus kebingungan dengan makanan bayi dan tetap bisa memastikan si kecil makan makanan rumahan demi kesehatannya. Dalam bukunya, MPASI Travelling Cihuy!, Dian Prima & Yudith Mangiri berbagi kiatnya untuk Anda.

Kalau perjalanan tidak jauh atau masih di dalam negeri, dan masih memungkinkan belanja bahan makanan di tempat menginap, sebaiknya Anda tetap memasak sesederhana mungkin. Akan tetapi, jika memang kondisinya darurat, misalkan perjalanan jauh, ke luar negeri, dan belum tahu apakah ada pasar swalayan atau pasar tradisional di sekitarnya, sebaiknya bawa makanan dalam kemasan.

Berikut beberapa hal yang juga penting Anda pastikan sebelum berangkat bepergian bersama bayi:
* Lama bepergian. Berapa lama Anda akan bepergian ada kaitannya dengan persediaan bahan makanan yang harus dibawa untuk si kecil.
* Lama perjalanan. Begitu pun dengan waktu/durasi perjalanan, ada hubungannya dengan jumlah makanan yang harus dibawa serta.
* Tempat menginap. Pilihan tempat menginap memengaruhi jenis perangkat yang harus dibawa untuk membuat MPASI.
* Ketersediaan alat pendingin. Pastikan apakah tempat menginap menyediakan lemari es atau tidak, ini berdampak pada bahan makanan yang harus Anda bawa untuk membuat MPASI.
* Alat elektronik. Sebaiknya pastikan apakah tempat menginap membolehkan Anda menggunakan alat elektronik atau memang menyediakan alat elektronik untuk membuat MPASI.
* Informasi tempat belanja makanan. Bekali diri dengan informasi yang akurat mengenai supermarket atau pasar terdekat dari tempat menginap untuk belanja bahan makanan segar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com