Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2013, 16:42 WIB

KOMPAS.com - Tak hanya orang dewasa yang butuh aneka produk untuk merawat kebersihan dan keindahan kulitnya. Bayi juga butuh berbagai produk untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Namun, Anda tak bisa sembarangan pilih produk-produk untuk bayi. Alih-alih sehat, salah pilih produk kulit bayi malah jadi alergi dan gatal-gatal karena kulit bayi sangat lembut dan sensitif. Untuk mencegah kulit bayi mengalami ruam-ruam, perhatikan hal-hal berikut:

1. Perhatikan bahan aktifnya

Saat memilih produk perawatan bayi, perhatikan bahan aktif penyusun produk tersebut. Pilih produk yang punya formulasi bahan aktif dan kadarnya sesuai dengan struktur kulit bayi. Beberapa produk bayi diketahui mengandung bahan berbahaya untuk kulit bayi, misalnya 1,4 dioxane dan pengawet formaldehyde. Selain menimbulkan alergi, bahan berbahaya ini juga berpotensi menimbulkan kanker dalam jangka panjang.

2. Hindari kandungan antiseptik

Banyak orangtua berpikir bahwa si kecil akan lebih terlindungi dari kuman jika produk perawatannya mengandung antiseptik. Namun anggapan ini tidaklah tepat. Anda justru harus menghindari kandungan antiseptik dalam produk bayi.

Penggunaan antiseptik dalam produk bayi akan sangat berbahaya terutama untuk penggunaan jangka panjang dan berlebihan. Antiseptik yang berlebihan bisa mengubah flora normal pada kulit dan memicu iritasi.

3. Sesuaikan dengan pH

Pilihlah produk perawatan bayi yang memiliki pH normal kulit bayi. PH kulit normal bayi berkisar 5,5. 

Sumber: Buku Bayi Sehat, Cerdas & Terawat dengan Zwitsal Baby Spa, Penerbit PT Penerbitan Sarana Bobo, Pencetak PT Gramedia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com