Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2013, 07:52 WIB

KOMPAS.com - Senyum dan tertawa adalah obat yang paling mujarab untuk semua jenis penyakit. Namun seiring berjalannya waktu, senyuman akan membentuk garis-garis senyum (smile lines) di daerah seputar bibir dan hidung.

"Saat senyum, kulit wajah Anda akan terlipat. Lambat laun, garis senyum ini akan semakin dalam dan mengganggu penampilan Anda," ungkap Amy Derick, MD, instruktur klinis dermatologi di Northwestern University.

Dalamnya garis senyum juga bisa disebabkan terjadinya penuaan kulit. Amy menambahkan, melembabkan kulit di area ini akan membantu mengurangi kedalaman garis-garis halus ini. Namun, jika garis senyum itu disebabkan oleh penuaan, sebaiknya atasi dengan mengoleskan krim berkolagen.

Untuk menghilangkan garis senyum ini dengan cara yang alami, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut:

1. Mengoleskan minyak kelapa
Campurkan satu sendok teh minyak kelapa dan gula palem (brown sugar). Kemudian oleskan campuran ini sambil pijat perlahan di area smiling lines, kemudian bersihkan. "Stimulasi pijatan lembut akan membantu meringankan ketegangan di area ini. Sementara itu campuran minyak kelapa dan gula palem ini akan membantu melembutkan dan menyamarkan garis-garis senyum di sekitar mulut," tambah Derick.

Butiran gula palem juga berfungsi sebagai pengelupas kulit mati di sekitar mulut. Area kulit yang bersih dan terkelupas akan mempermudah penyerapan pelembab ke kulit.

2. Gunakan primer
Make-up juga bisa digunakan untuk menyamarkan kedalaman garis senyum di wajah. Make-up artist para selebriti Amerika, Darcy Gilmore, menyarankan untuk menggunakan primer. Selain berguna untuk menyamarkan garis senyum, primer juga dapat menghaluskan kulit sekitar bibir. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya aplikasikan primer setelah Anda menggunakan pelembab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com