Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2013, 12:22 WIB

KOMPAS.com - Semakin banyak cara asyik untuk menyehatkan badan, sekaligus menurunkan berat badan. Jika aerobik sudah terasa membosankan atau tidak menantang lagi, Anda bisa mencoba Zumba.

Olahraga dari Amerika Latin ini memiliki pola dasar pesta, dimana gerakan olahraga dipadukan dengan gerakan dansa latin seperti cha-cha, salsa, tango, sampai flamenco. Gerakan-gerakannya berfokus pada pembentukan lekuk tubuh, terutama untuk perempuan, termasuk membentuk otot pinggul, pinggang, serta kekuatan kaki. Yang asyik, latihan diiringi musik dengan tempo yang lebih upbeat, yang membantu memaksimalkan fungsi gerakan pada tubuh.

Zumba masih populer, kini para praktisi kebugaran memperkenalkan jenis latihan yang lain lagi, yaitu Ugi dan Sh’Bam yang diramalkan bakal menggebrak pada tahun 2013. Ugi termasuk total body workout, yang melatih seluruh otot tubuh. Anda akan menggunakan bola berpemberat yang lunak untuk melakukan 30 gerakan dalam satu menit. Bolanya sendiri bisa diinjak, diduduki, dipungut, dilemparkan (tossing) pada seorang teman, atau digunakan sebagai beban.

Ugi dirancang oleh pelatih pribadi para selebriti, Sara Shears, yang kliennya antara lain Salma Hayek dan Rosario Dawson. Rutin berlatih Ugi membuat kekuatan otot tubuh dan kekencangan perut makin meningkat.

Sedangkan Sh'Bam merupakan latihan berbasis dansa yang durasinya sekitar 45 menit. Anda akan diajak melakukan 12 gerakan dansa sederhana yang dikoreografikan dengan iringan musik-musik Latin dan hip-hop lawas maupun yang sedang hits. Para praktisi kebugaran menjanjikan bahwa setiap sesi Sh'Bam bisa membakar hingga 500 kalori.

Sh'Bam sendiri diciptakan oleh grup LesMills, kelompok praktisi kebugaran yang menciptakan kelas-kelas BodyPump, BodyBalance, dan BodyCombat dan dipraktekkan di pusat-pusat kebugaran. Basisnya adalah interval training, di mana sebagian lagu dirancang untuk gerakan dengan intensitas tinggi, sementara lagu-lagu lainnya disiapkan untuk gerakan-gerakan dengan intensitas yang lebih rendah.

Dengan latihan Sh'Bam, Anda juga dapat memperbaiki koordinasi dan tentunya membuat Anda menguasai sejumlah gerakan dansa. Sangat menyenangkan sehingga Anda lupa bahwa Anda sedang berolahraga, dan hasilnya, Anda lebih cepat dalam membakar lemak!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com