Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2013, 17:06 WIB

KOMPAS.com - Niat baik untuk sehat dengan mendaftar keanggotan gym atau pusat kebugaran, jangan sampai menganggu kondisi finansial karena urusan kontrak yang tak adil. Karenanya, ada beberapa hal penting yang harus Anda tanyakan dengan detil. Anda harus mendapatkan jawaban yang sejelas-jelasnya terkait kontrak, agar keuangan tak terkuras untuk pengeluaran di pusat kebugaran.

Pemerintah Inggris melalui organisasi non profit Office of Fair Trading (OFT) bahkan memberikan panduan kepada konsumen agar tidak terjerat dengan kasus kontrak gym yang merugikan. Selain menerapkan aturan tegas bagi jaringan pusat kebugaran dan akan membawa pusat kebugaran ke pengadilan jika terbukti tak mematuhi aturan. Aturan tegas mencakup lamanya kontrak tak lebih dari 12 bulan, dan memuat klausa mengenai keluar dari keanggotaan dalam kondisi tertentu seperti kehilangan pekerjaan atau cedera.

Peraturan dibuat tak lepas dari terjadinya sejumlah kasus di pusat kebugaran yang merugikan konsumen. Guardian melaporkan ada dua kasus yang cukup menyita perhatian. Satu kasus melibatkan ibu hamil dan suaminya yang baru saja kehilangan pekerjaan, dan tak mampu membayar biaya gym untuk kontrak dua tahun. Kasus lainnya, pria berusia 81 harus menandatangi kontrak gym selama dua tahun padahal yang dibutuhkannya hanya olahraga ringan pada waktu yang fleksibel.

Untuk mencegah terjadinya kasus semacam ini, OFT memberikan panduan bagi konsumen yang ingin mendaftarkan diri di gym. Ajukan sejumlah pertanyaan ini sebelum menandatangani kontrak:

* Berapa lama masa kontrak? Pertimbangkan apakah Anda sepakat untuk menjalani kontrak satu tahun penuh, atau kontrak per bulan, atau lebih nyaman membayar per setiap kali datang.

* Bisakah melakukan pembatalan lebih awal pada keadaan tertentu atau jika Anda berubah pikiran? Beberapa gym membolehkan anggotanya untuk membatalkan kontrak atau menangguhkan kontrak karena situasi khusus seperti cedera dan tak bisa menggunakan fasilitas gym, atau jika kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian.

* Apakah kontrak akan diperpanjang secara otomatis setelah masa berlaku berakhir? Kebanyakan gym menerapkan perpanjangan kontrak secara otomatis. Karenanya minta catatan kapan Anda bisa menginformasikan ke gym jika ingin membatalkan atau tidak melanjutkan kontrak. Juga minta catatan ke gym bahwa mereka telah menerima permintaan pembatalan tersebut.

* Apakah Anda punya cukup waktu untuk pergi ke gym dan apakah Anda mampu membayar bulanan? Pastikan Anda memahami komitmen yang akan Anda buat bersama pusat kebugaran. Jangan sampai terjerat penawaran marketing padahal Anda tak memiliki anggaran yang cukup untuk membayar keanggotaan gym.

Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda lakukan saat menerima penawaran keanggotan gym, hal apa yang akan Anda tanyakan secara mendetil?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com