Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2013, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Kondisi kulit yang baik tak hanya dipengaruhi oleh asupan makanan dan perawatan kulit yang cermat. Anda juga harus menambahkan minuman sehat dalam pola makan sehari-hari untuk meningkatkan kadar cairan pada kulit dan melembabkannya. Rutin mengonsumsi minuman ini bisa membantu menciptakan kulit mulus alami dan tentunya melawan penuaan dini.

1. Air putih
Air putih punya khasiat alami untuk melembabkan kulit dan membuka pori-pori. Cara kerjanya dengan membuang racun yang berbahaya dalam tubuh (detoksifikasi). Dengan cara tersebut air putih akan membuat kulit menjadi lebih segar, kencang, dan bercahaya.

2. Teh hijau
Teh hijau dikenal sebagai minuman yang membantu menurunkan berat badan. Tetapi, manfaat teh hijau tak hanya sebatas mempercepat metabolisme dan pembakaran kalori, tapi juga membantu mencegah penuaan pada kulit. Kandungan Epigallocatechin gallate (EGCG) dan polifenol-nya berfungsi sebagai senyawa antioksidan. Kedua senyawa ini juga bermanfaat untuk menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mempertebal rambut.

3. Jus tomat
Tomat diketahui memiliki senyawa likopen yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa ini berkhasiat untuk mempertahankan agar kulit tetap bersinar, membebaskan diri dari kerutan, dan melawan penuaan. Cara paling baik untuk mendapatkan khasiat tomat adalah dengan menyantapnya mentah-mentah. Tetapi jika Anda tak suka sayuran mentah, Anda bisa menikmati jus-nya.

Minum jus tomat secara teratur juga bisa memperlancar pencernaan dan usus. Jus ini juga berfungsi untuk mendetoks atau membuang racun dari dalam tubuh.

4. Cokelat panas
Secangkir cokelat panas tak cuma bisa menenangkan pikiran, tetapi juga membuat wajah Anda terlihat lebih muda, bebas kerut, dan lebih bercahaya.  Menurut penelitian yang dilakukan Cornell University, cokelat mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada kopi, anggur merah, dan teh hijau. Kandungan antioksidan yang tinggi ini akan membantu Anda menjauhkan kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, dan penuaan dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com