Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2013, 17:34 WIB

KOMPAS.com - Aturan mandi bersama, juga telanjang di depan anggota keluarga, bervariasi pada tiap orang. Beberapa keluarga menganggap seorang anak boleh bertelanjang dan berlarian tanpa mengenakan busana di muka umum jika dirinya belum merasa malu. Sayangnya kebiasaan anak ini bisa berlanjut ketika anak sudah mulai beranjak remaja. Mereka bisa menganggap ini hal yang biasa, padahal tidak.

Sebaiknya pelajaran mengenai batas-batas ketelanjangan ini dimulai dari orangtua maupun saudara berlawanan jenis sejak anak berusia 4 atau 5 tahun. Berikut beberapa alasan:

Pertama, anak akan segera masuk sekolah dan ketelanjangan jelas tidak bisa diterima di sana.

Kedua, kebanyakan  keluarga memberlakukan aturan kesopanan tertentu. Jika anak masih sering mandi bersama orangtua, bisa jadi suatu ketika, ketertarikan anak untuk melihat tubuh orang lain memberinya masalah di keluarga lain.

Ketiga, akan lebih baik bagi anak-anak untuk belajar anatomi genital dari saudara dan teman seusianya ketimbang melihat orangtuanya telanjang. Jika sepakat, anak usia 4 dan 5 sebaiknya mulai diajarkan menghormati privasi. Hentikan mandi dan ber-shower bersama anak-anak. Tutup pintu kamar mandi ketika  menggunakan toilet. Tutup pintu kamar tidur saat Anda berpakaian dan sarankan mereka melakukan hal yang sama.

(Tabloid Nova/Laili)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com