Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2013, 09:04 WIB

KOMPAS.com - Cokelat punya kandungan antioksidan dan vitamin untuk membuat kulit jadi lebih bercahaya dan lembut. Selain itu, cokelat juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi jerawat dan mengencangkan kulit. Oleh karena itu, cokelat kini juga populer dijadikan bahan pembuat masker.

Meski agak kurang praktis untuk membuat masker cokelat sendiri di rumah, namun hasilnya pasti akan lebih baik dibandingkan membeli masker instan yang dijual di pasaran. Dengan membuat masker sendiri, Anda juga bisa mencampurkan bahan-bahan lain yang sesuai dengan masalah kulit Anda.

1. Cokelat bubuk dan susu cair
Ini termasuk masker yang mudah dibuat dan didapat. Campur saja cokelat bubuk dengan susu cair sampai membentuk pasta. Kemudian bersihkan wajah Anda dengan menggunakan air mawar sebelum mengoleskan masker ini ke wajah. Gunakan untuk seluruh bagian wajah dan leher. Biarkan mengering, kemudian cuci bersih dengan air dingin. Masker ini berfungsi untuk melembabkan kulit.

2. Cokelat bubuk, madu, dan oatmeal
Cokelat berguna untuk mencegah penuaan dini, menghilangkan jerawat, dan mengencangkan kulit. Madu berguna untuk melembutkan dan melembabkan kulit, sedangkan oatmeal bisa membersihkan dan mencerahkan kulit. Caranya, campurkan ketiga bahan ini sampai menjadi pasta. Kemudian gunakan masker ini pada wajah dan leher, diamkan 15-20 menit dan bilas.

3. Cokelat bubuk, yogurt, dan madu

Masker ini efektif untuk membuat kulit berkilau alami. Campurkan cokelat bubuk dengan yogurt, kemudian aduk sampai rata. Tambahkan beberapa tetes madu. Oleskan masker ini merata pada wajah, dan diamkan 25-30 menit. Kemudian bersihkan dengan air dingin.

4. Dark chocolate, susu, dan garam
Masker ini akan membantu membersihkan kulit, mencerahkan, mencegah jerawat, dan mengelupaskan kulit mati. Untuk membuatnya, lelehkan cokelat dengan cara di-tim, kemudian dinginkan. Tambahkan susu dan sedikit garam ke dalamnya. Gunakan masker ini pada wajah dan leher, kemudian diamkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air dingin. Untuk hasil terbaik gunakan masker ini dua kali seminggu.

5. Cokelat bubuk, madu, dan jus alpukat
Campur ketiga bahan ini dan aduk sampai menyatu. Aplikasikan pada bagian leher dan wajah, diamkan 20 menit dan bilas dengan air dingin. Masker ini berfungsi untuk melembabkan kulit dan mengurangi kerutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com