Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2013, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Semua orang pasti sepakat, Jennifer Lopez adalah sosok yang paling mencuri perhatian dalam perhelatan Grammy Awards yang baru lalu. Meskipun sudah menerima pemberitahuan bahwa presenter maupun pengisi acara tidak diperkenankan mengenakan busana yang terlalu terbuka, Jennifer muncul dengan gaun hitam rancangan Anthony Vaccarello yang menampakkan seluruh kakinya.

Jennifer memang bukan orang pertama yang pamer kaki dalam awarding event. Tahun lalu, Angelina Jolie menjadi bahan pembicaraan karena upayanya yang luar biasa untuk memastikan kakinya selalu terjulur keluar dari gaun saat tampil di Academy Awards. Bedanya, kaki Jennifer yang terlihat sangat kencang membuat orang ternganga. Apa sih, rahasia kaki jenjang dan kencang seperti miliknya?

paha kencang
Jennifer Aniston, Jennifer Lopez, dan Angelina Jolie. Kaki siapa yang terindah?

Jennifer Lopez memiliki tubuh yang dikagumi para perempuan. Jelas ia bekerja keras dengan program latihannya untuk mendapatkan otot-otot yang kencang," ujar pakar kebugaran Gillian Reeves, yang juga National Group Exercise Manager dari Virgin Active.

Menurutnya, menari juga merupakan latihan kardio yang baik untuk membakar lemak. Jika dikombinasikan dengan latihan kekuatan, itu bisa membantu mencapai bentuk yang sama untuk kaki Anda.

Gillian menambahkan bahwa Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk mendapatkan penampilan kaki yang sama seperti Jennifer. "Pastikan Anda melakukan tiga sesi kardio seminggu, dan dua sesi latihan kekuatan seperti Zumba," katanya.

Ia mengingatkan bahwa Anda tentu tak akan segera melihat hasilnya, karena aktris, penyanyi, dan penari tersebut telah menjalani latihan ketat selama bertahun-tahun. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan hasil yang mirip, coba tambahkan latihan lunge dengan menggunakan tali regang untuk melatih paha dan bokong Anda. Begini langkah-langkahnya:

1. Langkahkan kaki kanan ke depan, sementara kaki kiri diletakkan persis di belakang kaki kanan. Bayangkan Anda sedang berdiri di atas tali yang diregangkan. Jinjitkan kaki sehingga Anda berdiri di atas bola kaki Anda (bagian telapak yang tebal setelah jari-jari kaki), dan seimbangkan tubuh Anda. Saat itu, pastikan otot-otot perut Anda berkontraksi. 
2. Ambil dua langkah ke depan, seolah-olah Anda sedang berjalan di sepanjang tali tersebut. Pertama dengan kaki kiri, lalu ikuti dengan kaki kanan. Ambil langkah sekali lagi dengan kaki kiri, namun dengan jarak yang lebih lebar. Usahakan jaraknya sekitar satu meter antara kaki kiri dan kaki kanan. 
3. Letakkan tumit kaki kiri ke lantai, dengan bagian belakang sedikit terangkat, lalu tekuk kedua lutut sehingga membentuk posisi lunge. Pastikan lutut kaki kanan terjulur ke belakang menghadap ke bawah, dengan jarak sekitar 2,5 cm dari lantai. Tegakkan tubuh, dan pandang lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan Anda.
posisi lungeGerakan lunge.

4. Berdirilah untuk meluruskan kedua kaki dalam satu gerakan cepat dan kuat, kemudian berjinjitlah kembali di atas bola kaki. Ulangi dua langkah dan posisi lunge ini dimulai dengan kaki kiri lebih dulu.
5. Ulangi latihan ini sampai Anda melakukan 20 kali pengulangan (10 kali untuk setiap kaki). Istirahatlah sebentar, kemudian berbaliklah dan kembalilah pada langkah yang sama untuk 20 pengulangan berikutnya.

FOTO-FOTO: THE DAILY MAIL

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com