Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2013, 22:41 WIB

KOMPAS.com - Setelah mulai berwirausaha, jangan lantas berpikir bahwa masa sulit Anda sudah lewat dan tinggal menikmati hasilnya. Kesulitan dan tantangan lain yang harus dihadapi adalah bagaimana mengembangkan bisnis dan mempertahankan kesuksesannya.

"Mau tak mau, Anda harus menghadapi persaingan bisnis. Dan ketika pasar semakin ramai, berusahalah untuk memenangkan tantangan ini," ungkap Yuna Eka Kristina, Public Relation Manager Orang Tua Group (OT Group) saat media gathering di Novotel Hotel, Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang customer goods, Orang Tua Group bisa dikategorikan sebagai perusahaan yang mampu bertahan dan terus berinovasi sesuai perkembangan jaman. Apa kiat perusahaan berusia 65 tahun ini untuk bisa memenangkan pasar?

1. Mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen
Untuk memenangkan pasar, Anda perlu lebih mengerti tentang kebutuhan dan keinginan konsumen.  Konsumen seharusnya menjadi ujung sekaligus awal lahirnya produk-produk yang diciptakan.

Saat menciptakan sebuah produk baru, jangan hanya melihat dari betapa bagusnya produk yang diciptakan. Pertimbangkan juga apakah produk inilah yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan masyarakat. "Seinovatif apa pun produk yang dihasilkan, tak akan ada artinya jika tak diminati masyarakat. Oleh karena itu sebelum meluncurkan produk terbaru, utamakan untuk menggali apa yang sesungguhnya menjadi kebutuhan konsumen," jelasnya.

2. Perhatikan kebiasaan konsumen
Kebiasaan konsumen menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan saat menciptakan produk baru. Kebiasaan, tradisi, atau culture yang berkembang di masyarakat sangat memengaruhi kebutuhan seseorang. Lakukan survei dan penelitian terlebih dahulu terhadap kebiasaan dan tradisi yang ada di masyarakat sekitar untuk mengetahui keefektifan dan peluang kesuksesan produk.

3. Inovatif
Tradisi yang berkembang di masyarakat menjadi modal dari OT Group dalam menciptakan produk-produknya. Namun tentu saja, poin tradisi tidaklah cukup; satu syarat yang dipegang teguh adalah inovasinya. Anda harus berusaha untuk berpikir out of the box, dan menjadi trend setter, bukan follower.

"Semua tradisi yang telah ditemukan dalam masyarakat dan kemudian diselaraskan dengan inovasi, akan melahirkan produk-produk yang dapat memenangkan pasar dan meraih hati konsumen," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com