Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2013, 21:34 WIB

KOMPAS.com - Merawat kulit tak berarti harus rutin facial di salon atau dokter kulit dan mengeluarkan biaya yang mahal.

"Anda juga bisa merawat kulit tubuh dan wajah dengan cara yang murah meriah,  yaitu dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah," ungkap Juliana Yu, MDH, Cosmetologist & Dermatologist kepada Kompas Female, saat peluncuran Citra Nourished Radiance UV di Rumah Cantik Citra, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2013) lalu.

Salah satu bahan alami yang bisa membantu menyehatkan kulit dan menjaga kecantikan adalah royal jelly dan yogurt. Royal jelly mengandung banyak mineral, antioksidan, dan vitamin B kompleks, B5, yang sangat baik untuk kulit. Kandungan asam amino dalam royal jelly berfungsi untuk menghasilkan dan mengaktifkan kolagen dalam kulit, sehingga membuat kulit jadi lebih sehat dan mencegah penuaan dini. Sedangkan yogurt sudah lama diketahui mampu menghaluskan kulit kering dan membantu proses eksfoliasi (pengelupasan) kulit mati, dan mencerahkan kulit.

Untuk merawat kulit wajah, Juliana menyarankan untuk membuat sendiri masker alami berbahan dasar royal jelly dan yogurt ini. Namun beberapa campuran bahan lainnya juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. "Jika tak punya royal jelly, Anda juga bisa menggantinya dengan madu," tambahnya.

1. Royal jelly, yogurt, putih telur
Campuran ketiga bahan alami ini berkhasiat untuk membantu mencegah penuaan dini, mengecilkan pori-pori, dan menghilangkan keriput di wajah. Campuran putih telur akan membantu mengencangkan kulit. Campur semua bahan ini sampai menjadi pasta, kemudian oleskan di wajah dan biarkan mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat. "Usahakan untuk menggunakan masker ini seminggu 2-3 kali. Tapi kalau kulit wajah Anda berminyak sebaiknya gunakan seminggu sekali saja," jelasnya.

2. Royal jelly, yogurt, oat
Hampir sama dengan fungsi masker sebelumnya, campuran ketiga bahan ini akan membantu mencegah produksi minyak berlebih di kulit dan juga menghaluskan kulit. Sebelum digunakan, blender oat sampai halus, baru dicampur dengan royal jelly dan yogurt sampai berbentuk pasta. Oleskan ke wajah dan diamkan sampai mengering, baru dibilas.

3. Royal jelly, yogurt, kuning telur
Masker yang satu ini hanya digunakan untuk masker bagian mata saja. "Mata adalah bagian yang sangat sensitif. Maka hindari penggunaan masker putih telur di area mata," tambah Juliana. Bagian mata membutuhkan masker yang lebih lembut dan sedikit berlemak agar tetap sehat dan halus..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com