Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2013, 09:38 WIB

KOMPAS.com - Badan tidak gemuk, tapi kok pipi terlihat tembem dan garis rahang tak terlihat jelas, ya? Hmm... banyak orang menganggap bahwa pipi tembem dan tulang rahang yang tak terlihat ini dipengaruhi oleh bobot tubuh. Anggapan ini kurang tepat, karena pipi tembem dan rahang yang kabur lebih banyak dipengaruhi oleh struktur dan ukuran tulang yang berbeda-beda pada tiap orang. Jika memang memiliki tulang wajah yang besar, secara otomatis pipi akan lebih tembem, sehingga sekeras apapun Anda diet, pipi dan tulang rahang tidak akan berubah jadi ramping.

Daripada diet mati-matian tanpa hasil, sebaiknya atasi masalah ini dengan teknik make-up. "Ini semua bisa diatasi dengan teknik contouring yang tepat sehingga membuat wajah Anda terlihat lebih ramping," jelas Shweta Sachani, Make-up Artist.

Contouring berfokus pada teknik memberi bayangan dan cahaya pada riasan wajah. Misalnya memberi shading lebih gelap untuk membuat bayangan wajah terlihat lebih ramping. Ini triknya.

1. Untuk memberi kesan hidung yang lebih kecil dan mancung, beri shading warna lebih gelap pada kedua sisi kiri dan kanan tulang hidung. Sedangkan untuk membuat tulang hidung lebih menonjol, tambahkan lapisan concealer tipis di atas tulang hidung.

"Untuk membuat shading sebaiknya gunakan bronzer, bedak, foundation, atau concealer yang warnanya satu tone lebih gelap dari kulit Anda. Buat shading dengan menggunakan kuas yang tepat. Kuas besar bisa digunakan untuk area yang lebih besar seperti garis bawah rahang," jelas ahli kecantikan Diana Hayden.

2. Untuk merampingkan pipi yang chubby, mulailah membuat shading dari tepi terluar di bawah tulang pipi (dekat telinga) menuju ke mulut Anda. Kemudian usap bagian tepi shading Anda, dan ratakan agar menyatu alami dengan kulit.

3. Sedangkan untuk menonjolkan batas rahang antara wajah dan leher, aplikasikan shading mulai dari tepi terluar bawah tulang pipi hingga tiga perempat dagu. Buat shading dengan mengikuti garis dari bawah tulang pipi ke dagu, kemudian melengkung ke arah bawah (menuju dagu). Berikan shading ringan tepat di bawah garis rahang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com