Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2013, 17:36 WIB

KOMPAS.com - Kulit wajah dan sehat tidak bisa didapatkan dengan cara yang instan. Perawatan kulit pun harus dilakukan secara bertahap untuk mendapatkan hasil maksimal dari tiap produk pembersih kulit yang digunakan. Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih sempurna, Rhonda Solberg, Senior Research Scientist Amway, menyarankan untuk menggunakan cleanser dan toner secara terpisah.

Ia mengemukakan para perempuan yang melewatkan tahap pemberian toner ke wajah setelah menggunakan cleanser. Penggunaan toner dianggap ribet dan tak terlalu penting, karena perannya dianggap bisa diganti dengan bilasan air atau dilap dengan kapas. Padahal, fungsi toner tidak bisa digantikan, karena toner mengandung banyak bahan khusus yang bisa mengangkat kotoran dan residu cleanser yang tidak bisa dihilangkan oleh air atau kapas.

Perempuan lulusan University of Minnesota ini juga mengungkapkan kesadaran pemakaian toner di Asia yang masih sangat rendah. Mereka lebih memilih produk perawatan 2in1 yang menjanjikan cara pakai yang lebih praktis. Meski cara itu memang praktis, namun Rhonda menyarankan untuk menghindari produk-produk campuran ini. 

"Formulasi antara pembersih dan toner yang dicampur menjadi satu akan mengurangi efektivitas masing-masing skincare di dalamnya. Akibatnya, residu pembersih dan kotoran tidak akan terangkat sempurna," jelas Rhonda.

Rhonda mengungkapan bahwa toner memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, antara lain mengangkat residu cleanser yang menempel di wajah, dan memberi kelembaban pada permukaan kulit. Ketika menggunakan pembersih wajah (terutama scrub), lapisan kulit terluar akan ikut terkikis sedikit bersama dengan kotoran yang menempel. Kondisi ini akan membuat kulit wajah rentan mengalami kekeringan. Aplikasi toner akan membantu menghidrasi kulit, dan beberapa kandungan bahan alami di dalamnya akan membantu menenangkan kondisi kulit dan menekan iritasi.

"Aplikasi toner juga membantu mempersiapkan kulit wajah untuk menerima perlakuan dan perawatan selanjutnya. Toner juga akan membantu make-up Anda bertahan lebih lama dan menempel rata di wajah. Misalnya, pelembab wajah dan bedak akan lebih menempel rata setelah penggunaan toner ini," ungkap Rhonda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com