Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2013, 21:59 WIB

T:
Apa benar minum kopi di saat badan kita sedang terasa letih bisa makin mempercepat rasa lelah dan ngantuk, hingga akibatnya kita jadi malas untuk melanjutkan aktivitas pekerjaan kita? (Agus Putra, 45)

J:
Hai Mas Agusputra,
Untuk lebih jelasnya, saya akan menuliskan apa saja kandungan dalam kopi, dan bagaimana efeknya terhadap tubuh. Kopi mengandung beberapa zat seperti:

* Kafein
Kandungan kafein bervariasi tergantung jenis biji kopi maupun cara mengolahnya, dengan rata-rata 100 mg/236 ml kopi (1 cangkir kopi). Kafein banyak digunakan sebagai obat psikoaktif yang akan memberikan efek menyerupai zat stimulan, mencegah kantuk, meningkatkan daya tangkap pancaindra, mempercepat daya pikir, mengurangi rasa lelah, dan memperkuat kontraksi otot.

Namun dalam dosis tinggi (lebih dari 3 cangkir kopi/hari), kafein akan menimbulkan efek negatif seperti meningkatkan tekanan darah, membuat pembuluh darah arteri menjadi lebih kaku, menyebabkan anxiety (kecemasan), dan insomnia (gangguan atau kesulitan tidur). Selain itu kafein juga dapat menyebabkan efek kecanduan dengan gejala susah tidur atau bahkan banyak tidur, sakit kepala, mudah marah, kelelahan, dan lain-lain.

* Cafestol dan kahweol
Merupakan substansi minyak dalam kopi yang dikenal sebagai diterpenes. Substansi minyak inilah yang kemungkinan mempunyai efek terhadap peningkatan kadar kolesterol darah terutama fraksi LDL-kolesterol. Jumlah diterpenes sebagian besar dapat dikurangi dengan menyaring kopi menggunakan kertas saring atau kain.

* Asam klorogenik dan antioksidan
Asam klorogenik merupakan antioksidan utama yang terdapat dalam kopi, yang bekerja antara lain menghambat absorpsi glukosa. Demikian juga antioksidan lain yang terkandung di dalamnya, dapat bekerja untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker hati, dan lain-lain.

Kembali pada pertanyaan Anda, jika melihat pada kandungan kopi, sepertinya tidak perlu dikhawatirkan bahwa mengonsumsi kopi di saat badan terasa letih malah makin mempercepat rasa lelah dan ngantuk. Kelelahan bisa saja timbul saat sudah timbul kecanduan, dan terutama terjadi saat mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com