Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2013, 17:57 WIB

T:
Saya baru saja menyelesaikan pendidikan saya di universitas swasta di Jakarta jurusan manajemen, tetapi saya bingung untuk memilih pekerjaan yang cocok dan nyaman buat saya. Karena selama saya kuliah, saya merasa jurusan tersebut tidak sesuai dengan jurusan yang saya inginkan. Itu semua karena keinginan orang tua saya. Sementara dari SMA dulu saya ingin sekali menjadi psikolog. Mbak Ainy, apa yang harus saya lakukan? (Wulan, 23)

J:
Mbak Wulan yang baik hati,
Selamat ya, Anda sukses menyelesaikan kuliah. Mulai sekarang, saatnya Anda menentukan langkah berikutnya. Melamar untuk bekerja atau merintis sebuah usaha.

Mbak Wulan, menurut saya, Anda seorang putri yang beruntung. Karena memiliki kedua orang tua yang sanggup membiayai Anda kuliah. Kalau pun Anda merasa bahwa jurusan yang Anda ambil itu tidak sesuai dengan keinginan Anda, melainkan keinginan orang tua Anda, hal yang paling bijaksana dilakukan oleh seorang anak adalah rasa berterima kasih kepada kedua orang tua, dan tidak menyalahkan mereka.

Mengapa demikian? Karena sebenarnya, sebagai pribadi yang selalu merindukan untuk menjadi pribadi yang luar biasa, sikap menyalahkan orang lain, apalagi kedua orang tua, adalah sebuah sikap yang tidak bijak dan cenderung kurang bertanggung-jawab.

Jadi, apa yang perlu Anda lakukan untuk menyikapi kondisi ini? Tiga langkah sederhana ini perlu Anda lakukan mulai sekarang.

Pertama, lakukan apa yang sebenarnya Anda inginkan. Jika Anda benar-benar ingin bekerja di dunia psikolog, pertanyaannya, apakah Anda memiliki kemampuan atau skill di bidang psikolog?

Jika Anda benar-benar ingin bekerja di dunia psikolog, maka Anda membutuhkan tiga hal utama. Pertama, Anda harus memiliki "pengetahuan" mengenai dunia psikolog. Kedua, miliki skills atau ketrampilan yang berkaitan dengan dunia psikolog. Ketiga, Anda harus investasi waktu untuk belajar psikolog .

Pilihan lainnya untuk Anda saat ini adalah mengenal lebih dalam dunia manajemen. Carilah informasi tentang jenis pekerjaan apa sajakah yang bisa Anda lakukan dan membuat Anda bersemangat karenanya.

Kedua, nikmati dan syukuri pencapaian Anda. Artinya, nikmatilah atas apa pun yang melekat pada diri Anda sekarang. Syukurilah atas setiap pencapaian Anda, khususnya pencapaian Anda dalam meraih gelar manajemen yang Anda dapatkan sekarang. Tahukah Anda, di dunia ini banyak sekali anak seusia Anda yang belum beruntung. Mereka mati-matian ingin menikmati bangku kuliah, hanya saja mereka belum bisa melakukannya karena keterbatasan ekonomi.

Sementara Anda, adalah seorang anak yang sangat beruntung. Anda tahu mengapa? Karena kedua orang tua Anda dengan penuh kasih sayang mencari rezeki demi membayar biaya kuliah Anda selama ini. Dengan usia Anda yang menginjak dewasa sekarang ini, sudah bukan saatnya lagi untuk menyalahkan kedua orang tua Anda yang di mata Anda telah memaksakan kehendaknya.

Saatnya Anda berterima kasih kepada mereka atas jerih payahnya selama ini demi Anda, putrinya tercinta. Saatnya Anda membuktikan bahwa Anda adalah seorang anak yang luar biasa dan membanggakan. Bagaimana caranya? Dengan menikmati jurusan Anda saat ini sekaligus mensyukuri Anda telah berhasil meraihnya.

Ketiga, bertanggung-jawablah. Artinya, saatnya Anda melakukan dua hal berikut ini: mencari pekerjaan yang sesuai dengan background pendidikan Anda atau menciptakan lapangan pekerjaan dengan berwirausaha. Karena sebenarnya, tidak ada yang salah menjadi seorang karyawan atau membuka usaha. Selama Anda bertanggung-jawab atas setiap pilihan Anda, dan tidak menyalahkan orang lain khususnya kedua orang tua Anda, itu adalah luar biasa.

Gali kembali ketrampilan apa sajakah yang Anda miliki selama ini. Misalnya bahasa Inggris, komputer, dan lain-lain. Karena sebenarnya kedua hal tersebut di atas adalah ketrampilan utama yang perlu Anda miliki. Dan, jika Anda merasa bahwa Anda belum memilikinya, saatnya Anda mengasahnya dan memilikinya.

Jangan lupa, selalu lakukan yang terbaik dari diri Anda. Do your best! Dan selalu buat bangga kedua orang tua Anda. Saatnya Anda membuat beliau bangga dan bahagia. Selamat melangkah!

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Coach & Motivator
Penulis Buku Best Seller ‘Dahsyatnya Kemauan’
www.ainyfauziyah.com
www.ainymotivationclass.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com