Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2013, 19:08 WIB

KOMPAS.com - Makanan pedas sebenarnya menyehatkan. Kapkaisin, senyawa pada cabai yang menyebabkan rasa pedas, dapat mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Selain itu, kapkaisin juga menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan pengeluaran keringat, dan menghilangkan gejala flu.

Demikian pula rasa pedas yang didapat dari rempah seperti kunyit. Kunyit memiliki peranan dalam kesehatan otak, jantung, dan melindungi tubuh dari penurunan kemampuan kognitif akibat penuaan.

Namun, apa pun yang dikonsumsi berlebihan pasti tak baik juga untuk kesehatan. Demikian pula makanan pedas. Rasa yang menyengat ini lama-kelamaan bisa membuat gigi Anda menyusut.

"Mengonsumsi banyak makanan berlemak tinggi dan makanan pedas seperti kari membuat Anda memproduksi lebih banyak asam," ujar Dr Ben Atkins, dokter gigi di Revive Dental Care, Manchester.

Nah, kelebihan asam lambung akibat makanan pedas juga bisa mengikis gigi Anda. Sebab ketika Anda memproduksi lebih banyak asam, Anda akan mengalami acid reflux, atau kondisi di mana makanan dan cairan lambung tersebut naik kembali ke arah kerongkongan. Cairan asam bisa memercik naik dari kerongkongan menuju mulut, dan merusak gigi.

Lama-kelamaan, "Anda akan melihat ukuran gigi Anda menyusut, dan mungkin melihat bagai permukaan belakang gigi Anda terasa sangat lunak," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com