Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2013, 20:39 WIB

KOMPAS.com - Sebuah survei terbaru yang dilakukan The Adventure Company mengungkapkan bahwa mengajak anak pergi berlibur dapat meningkatkan kecerdasan mereka secara keseluruhan, dan juga mengembangkan keterampilan sosial mereka.

Survei online yang digelar dari Januari sampai April 2013 ini melibatkan lebih dari 4.000 orangtua di Inggris. Sembilan dari 10 orangtua ternyata mengatakan liburan bermanfaat bagi pendidikan anak mereka.

Claire Wilson, mantan guru yang juga direktur pelaksana The Adventure Company mengatakan, "Aku tahu betapa berharganya waktu di sekolah, tapi proses belajar tidak harus hanya dilakukan di sekolah. Mengajak anak pergi berlibur melihat alam secara langsung dapat membantu mengenalkan anak pada budaya yang berbeda. Kebiasaan-kebiasaan dan pengalaman mereka dapat memberikan manfaat pendidikan yang sebenarnya, serta membantu mereka mengembangkan berbagai keterampilan pribadi dan lainnya."

Banyak orangtua menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka, dan mengajak anak pergi berlibur memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman budaya yang berbeda. Anak akan bertemu orang-orang baru dan mereka akan belajar dari apa yang mereka temui, lalu menerapkannya untuk tugas sekolah.

Tidak semua orang sependapat terhadap temuan ini. Seperti Michael Grove, seorang sekretaris pendidikan, yang mengusulkan agar liburan sekolah dikurangi saja. Namun, banyak orangtua yang justru menentang pendapatnya. Sebanyak 76 persen orangtua menyatakan bahwa berlibur dengan anak membantu meningkatkan kepercayaan diri anak, dan 66 persen orangtua melihat perubahan dalam diri anak dalam mentoleransi perbedaan dalam masyarakat.

Di sekolah, guru bisa saja mengajarkan anak mengenai piramida Mesir atau kebudayaan Buddha langsung dari buku pelajaran. Namun dengan berlibur Anda dapat memberikan pendekatan praktis dalam pembelajaran anak untuk masa depan, tetapi juga memberikan kenangan tak terlupakan dalam perjalanan hidupnya.

Berkat liburan keluarga, banyak orangtua merasa kecerdasan mata pelajaran geografi, sejarah, dan bahasa anak mereka menjadi meningkat. Dan umumnya, orangtua di Yorkshire mengatakan bahwa liburan bersama anak-anak memang menguntungkan. Sebanyak 94 persen responden mengakui terjadinya peningkatan pada semua mata pelajaran anak di sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com