Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2013, 10:27 WIB

T:
Gagal itu bukan masalah, yang menjadi masalah adalah bagaimana cara kita bangkit dari kegagalan. Kata-kata itu sering saya jumpai, baik dari tulisan, maupun dari nasihat-nasihat yang disampaikan orang lain. Itu juga yang masih menjadi pertanyaan saya sampai saat ini. Bagaimana kiat-kiatnya agar kita tetap bisa bangun dari keterpurukan? Terimakasih. (Ilma Addyn, 19)

J:
Mbak Ilma yang luar biasa,
Setiap diri kita mempunyai kekuatan untuk bangun dari keterpurukan. Ini karena di dalam diri kita terdapat kekuatan yang luar biasa. Hanya saja sayangnya kita sering lupa bahwa kekuatan untuk bangkit dari keterpurukan itu tidak bisa terjadi begitu saja. Butuh kemauan untuk membangkitkannya.

Jadi, apa yang harus kita miliki untuk bangkit dari keterpurukan? Berikut tiga kiat khusus untuk bangkit dari keterpurukan, yang secara detail dapat Anda temukan di buku saya, Dahsyatnya Kemauan. Berikut kisah nyata yang menggugah hati.

Pertama, kenali impian Anda. Artinya, kenali "apa yang sebenarnya ingin Anda raih". Mengenal impian Anda yang sebenarnya adalah dasar untuk melangkah. Mengapa impian ini begitu penting? Karena dengan impian inilah kita selalu terus berusaha bangkit dari keterpurukan tanpa kenal putus asa.

Kedua, wujudkan impian Anda tanpa kenal putus asa. Caranya? Bangkitkan kemauan Anda. Yang dimaksud dengan kemauan di sini adalah kesungguhan hati untuk mewujudkan impian mulia Anda menjadi kenyataan dengan selalu mengambil tindakan nyata secara konsisten. Tentunya untuk membangun kemauan, dibutuhkan kesungguhan hati. Artinya, jika Anda memang benar-benar mau bangkit dari keterpurukan, maka Anda harus bersungguh-sungguh untuk melakukannya.

Kesungguhan hati Anda dapat dilihat dari tindakan nyata Anda yang konsisten. Jadi, semakin banyak "tindakan positif" yang Anda lakukan tanpa kenal putus asa, semakin tinggi kesungguhan hati Anda untuk bangkit dan meraih impian.

Action, action, action. Artinya, lakukan tindakan nyata secara konsisten. Anda dapat memulainya dari hal yang paling sederhana, yang menurut Anda bisa melakukannya dan terus-menerus.

Ketiga, syukuri selalu apa pun yang Anda miliki saat ini. Apapun itu, terimalah dengan lapang dada. Ingatlah kembali setiap kebaikan yang Anda dapatkan selama ini, sekecil apa pun dan syukuri. Agar kita selalu menjadi pribadi yang pandai bersyukur, lihatlah orang-orang di sekitar Anda yang kondisinya jauh di bawah Anda. Ucapkan "Alhamdulillah" sambil resapi artinya.

Jadi, apa yang bisa kita simpulkan dari uraian di atas? Untuk bangkit dari keterpurukan, lakukan tiga hal berikut ini. Pertama, kenali impian Anda yang sebenarnya. Kedua, wujudkan tanpa kenal putus asa. Bangkitkan kemauan Anda dengan mengambil tindakan nyata. Action, action, action. Ketiga, syukuri selalu apa yang Anda dan teruslah melangkah tanpa kenal putus asa.

Selamat bangkit dari keterpurukan dan menjadi pribadi yang luar biasa dan berhati mulia. Doa saya untuk Anda agar selalu "mampu" melakukan yang terbaik dalam kehidupan Anda. Amin.

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Coach & Motivator
Penulis Buku Best Seller ‘Dahsyatnya Kemauan’
www.ainyfauziyah.com
www.ainymotivationclass.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com