Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2013, 22:45 WIB

KOMPAS.com - Tinggal di negara tropis tentunya membutuhkan perlindungan khusus bagi kulit agar tidak terbakar oleh sinar matahari yang menyengat. Mengabaikan kulit dari paparan sinar matahari secara langsung dapat mengakibatkan terkenanya kanker kulit.

Diketahui, hanya sekitar 20 persen perempuan yang mengenakan sunscreen setiap harinya, sehingga pada akhirnya sekitar 68 persen menderita kanker kulit, demikian menurut survei yang dilakukan oleh majalah Allure melalui Facebook.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan sunscreen:

* Jika Anda tipe perempuan yang memiliki pekerjaan di luar ruangan, Anda mungkin membutuhkan produk perawatan yang mengandung retinol (produk turunan dari vitamin A). Oleskan tipis pada lapisan atas kulit Anda untuk mengatasi kulit Anda dari kemerahan dan bintik-bintik coklat, demikian saran dokter spesialis kulit Fredric Brandt.

* Satu botol sunscreen saja tidak cukup, karena Anda harus mengaplikasikannya berulang kali. "Satu ons adalah ukuran yang tepat untuk setiap pengaplikasian sunscreen, begitu juga untuk kelanjutannya. Jadi jika sebotol sunscreen berukuran 12 ons, maka dapat digunakan untuk 12 kali pemakaian, dan itu sudah cukup," kata Patricia Wexler, profesor klinis dari departemen dermatologi dari Mount Sinai Medical Center di New York City. Jadi, mulai atur alarm pada telepon genggam Anda setiap dua jam sekali untuk mengingatkan Anda mengaplikasikan ulang sunscreen pada kulit Anda.

* Jika Anda berada di luar ruangan selama 30 menit atau lebih, gunakan sunscreen yang mengandung Mexoryl SX atau Parsol, lalu diikuti dengan sunscreen yang mengandung Z-Cote atau titanium dioxide. "Kedua jenis sunscreen itu tidak 100 persen sempurna (melindungi kulit), dan sinar apa pun yang melalui lapisan pertama akan ditangkap oleh lapisan kedua," kata ahli dermatologi asal Miami, Leslie Baumann.

* Pikir-pikir lagi sebelum Anda menggunakan tisu sunscreen. FDA (Food and Drug Administration, semacam Badan Pengawasan Obat dan Makanan di Amerika) sedang mengkaji efektivitas kegunaan mereka, bersamaan dengan sampo yang mengandung SPF.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com