Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesama QWERTY, Apa Beda BlackBerry Q10 dan Q5?

Kompas.com - 18/05/2013, 09:48 WIB

KOMPAS.com — BlackBerry resmi mengumumkan perangkat murah berbasis BlackBerry 10 yang mempunyai nama resmi Q5 dalam konferensi BlackBerry Live 2013 di Orlando, AS, Selasa (14/5/2013).

BlackBerry Q5 merupakan perangkat kedua BlackBerry 10 yang dilengkapi dengan papan ketik fisik QWERTY. Perangkat pertama BlackBerry 10 yang hadir dengan papan ketik tersebut adalah Q10.

Sama-sama diluncurkan dengan papan ketik fisik, lantas apa yang menjadi pembeda antara BlackBerry Q10 dan Q5? Berikut beberapa perbedaan BlackBerry Q10 dan Q5.

1. Kamera

Perbedaan pertama terletak dari sisi kamera. BlackBerry Q10 memiliki kamera dengan sensor gambar 8 megapiksel. Sensor gambar tersebut sudah dapat ditemukan di berbagai smartphone kelas atas merek lain, seperti Apple iPhone 5, Samsung Galaxy S III, dan Nokia Lumia 920.

Sementara BlackBerry Q5 menggunakan kamera 5 megapiksel. Sensor gambar sebesar itu banyak ditemukan di feature phone dan perangkat Android dengan harga murah.

2. Layar

Perbedaan selanjutnya terletak dari segi layar. Ya, keduanya memang sama-sama menggunakan layar 3,1 inci dengan resolusi 720 x 720 piksel. Namun, jenis layar yang digunakan berbeda. BlackBerry Q5 hadir dengan layar IPS LCD, sedangkan Q10 dipersenjatai layar yang banyak ditemukan smartphone terbaru, yaitu Super AMOLED.

Dengan besar layar dan resolusi yang sama, mungkin gambar yang terlihat di dua seri smarpthone ini tidak akan terlihat terlalu berbeda. Namun, Super AMOLED mampu memberikan kontras yang lebih kaya dan hitam yang lebih pekat.

3. Prosesor

Dari segi prosesor, tidak ada perbedaan yang terlalu jauh antara Q5 dan Q10. Q5 menggunakan prosesor sedikit lebih pelan dibandingkan Q10. Q5 memiliki prosesor dengan kecepatan 1,2GHz, berbanding 1,5GHz milik Q10.

Dua-duanya memiliki dua core sehingga kemungkinan besar tidak akan terasa perbedaan terlalu mencolok dari segi kecepatan.

Oh ya, keduanya pun sama-sama menggunakan RAM 2GB, jadi kegiatan multi-tasking kemungkinan tidak akan membuat kegiatan operasional perangkat tersebut menjadi berat.

4. Baterai

Baterai di kedua perangkat ini sama-sama berkapasitas 2,100mAh. Perbedaannya, baterai di Q5 tidak bisa dilepas atau diganti. Sementara baterai di perangkat Q10 dapat dengan mudah dibongkar pasang.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com