Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2013, 17:56 WIB

T:
Dear Mas Ichwan, siapakah yang menjadi trend setter untuk suatu musim fashion tertentu? Suatu negara atau seorang artis, atau malah hal lainnya? (Wie Wie, 20)

J:
Sebuah kecenderungan atau prediksi, atau acuan, atau fashion trend, dipengaruhi oleh berbagai hal. Contohnya, akhir-akhir ini, kita melihat motif bendera Inggris Raya menjadi bagian dari baju, aksesori, produk, dan lainnya. Tren ini dipicu propaganda negara tersebut dalam menyambut atlet dalam event Olympiade Summer di London pertengahan tahun lalu. Ditambah pengaruh Royal Wedding antara Kate Middleton dan Pangeran William; atau lahirnya boyband Inggris, One Direction, dan sebagainya.

Ada juga sebuah beberapa institusi atau lembaga yang mempunyai pekerjaan merilis kecenderungan mode dunia yang disebut dengan Fashion Forecasting Company. Lembaga ini menjual informasi tersebut pada media-media, fashion designer, fashion retailer, bahkan pekerja seni lainnya.

Berdasarkan informasi tersebut, media, fashion designer, pesohor, fashion brand, kampus mode, dan lain-lainnya, menyampaikan pada konsumen berdasarkan interpretasi masing-masing, dan lahirlah sebuah acuan fashion. Jadi, pesohor hanya menjadi alat atau media dalam mengomunikasikan sebuah kecenderungan mode… Demikian Wie Wie, smart question….

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com