Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2013, 11:28 WIB

KOMPAS.com - Perempuan punya perhatian besar terhadap penampilan. Bahkan saat hamil, perut semakin membuncit, tampil gaya tetap menjadi kebutuhan. Bagi Anda yang sedang hamil, dan ingin tetap tampil gaya, Pregnancy Concierge Rosie Pope punya kiatnya.

Pakai wedges
Pilihan alas kaki turut menentukan gaya penampilan ibu hamil. Sebagian perempuan tak bisa melepaskan diri dari kebiasaan memakai high heels. Rosie menyarankan, selama hamil, kebiasaan pakai high heels sebaiknya mulai ditinggalkan.

"Saya tidak menyarankan pakai high heels saat hami. Sebaiknya pilih model wedges yang lebih seimbang dan aman," ungkap bintang reality show "Pregnant in Heels" di Sony Entertainment Television ini saat wawancara melalui hubungan telepon bersama sejumlah media internasional.

Menggunakan sepatu hak tinggi saat hamil tak sehat, lanjut Rosie. Walau untuk beberapa orang, berdiri berjinjit sangat nyaman dan sepatu bertumit bisa mengurangi nyeri syaraf cyatic, tapi umumnya, malah memperparah nyeri syaraf kaki. Sepatu hak tinggi juga berbahaya karena pusat gravitasi tubuh berpindah akibat perubahan fisik dalam kehamilan, sehingga stabilitas kaki berkurang.

Busana
Ada dua tipe ibu hamil dalam hal berbusana. Satu yang percaya diri menonjolkan kehamilannya, satu lagi yang belum siap menunjukkan perubahan fisik dari kehamilannya.

Untuk tipe pertama, pilihlah pakaian yang ketat atau menempel tubuh dengan jahitan samping. Model baju seperti ini paling tepat jika ingin menonjolkan kehamilan.

Sedangkan untuk tipe kedua, cara terbaik untuk menyembunyikan perut yang makin membuncit adalah mengenakan blus yang memiliki teknik garis pinggang empire, pleat, dan potongan bias supaya ada bahan cukup untuk menyembunyikan sembulan perut, dan kehamilan pun tak terlalu kentara. Pilihan lainnya, saran Rosie, pilih pakaian yang bahannya cukup longgar.

Agar tetap cantik selama hamil, Rosie juga menyarankan bumil untuk memilih gaya pakaian yang menonjolkan bagian tubuh favorit. Idealnya, mengenakan pakaian khusus wanita hamil, yang memang dirancang sesuai dengan bentuk tubuh ibu hamil.

Sebagai alternatifnya, Anda juga bisa memaksimalkan busana yang ada. Kuncinya tonjolkan bagian tubuh yang Anda suka. Kalau punya kaki bagus, pilih terusan pendek. Kalau punya lengan kencang pilih terusan tanpa lengan.

"Wrap dress akan terlihat bagus untuk semua jenis tubuh dan tidak akan terlihat kuno di segala musim," saran desainer dan pemilik label busana Rosie Pope Maternity ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com