Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2013, 15:52 WIB

KOMPAS.com - Untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, Anda pasti menggunakan sunscreen. Ternyata, tak cuma kulit yang harus dilindungi, tetapi juga mata. Karena, sangat berbahaya bila mata terpapar langsung cahaya matahari yang terik. Satu-satunya cara untuk melindungi mata dari matahari adalah dengan menggunakan sunglasses. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi radiasi sinar matahari terserap oleh mata saat sinar matahari begitu terik.

1. Pakai pada pagi dan sore hari
Mata merupakan bagian yang sangat sensitif. Maka pantulan sinar yang sedikit terang bisa merusak mata. Pukul 08.00-10.00 dan 14.00-16.00 adalah waktu yang dianggap paling berbahaya untuk mata. Sebisa mungkin hindari mengekspos mata di bawah sinar matahari. Jika terpaksa keluar rumah, gunakan sunglasses.

2. Jangan sayang uang untuk membeli
Karena belum tahu fungsinya, banyak orang yang merasa sayang untuk membeli kacamata hitam. Padahal Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk memilikinya. Sebenarnya, bukan harga yang paling penting, tapi kandungan di dalamnya. Pilih sunglasses yang benar-benar memiliki lapisan kaca atau plastik UV protection.

3. Pilih yang punya lapisan UVA dan UVB
Lapisan UV protection ini seharusnya dipilih yang benar-benar memiliki pelindung UVA dan UVB. Kacamata yang hanya memiliki salah satu pelindung UV akan menempatkan mata pada risiko yang lebih tinggi.

4. Pilih yang benar-benar nyaman
Setiap orang punya bentuk wajah yang berbeda-beda. Sebaiknya sesuaikan bentuk kacamata dengan wajah. Namun yang paling penting adalah, kacamata ini terasa nyaman saat dipakai.

5. Jangan lupa dipakai saat berlibur di pantai atau di danau
Air bisa memantulkan 100 persen sinar matahari, dan jika tak menggunakan sunglasses, berarti mata Anda berada dalam bahaya. Selain air, pasir dan beton juga bisa memantulkan sinar matahari hingga 25 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com