Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2013, 13:45 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Tampil cantik dengan high heels tak menjadi gaya mutlak perempuan. Sepatu flats juga masih menjadi pilihan, terutama bagi perempuan dengan mobilitas tinggi, atau mereka yang membutuhkan kepraktisan namun tetap bisa tampil gaya dengan ragam desain menarik sepatu flats.

Christine Dwiasmorojati, General Manager Payless ShoeSource Indonesia, mengatakan sepatu flats masih menjadi pilihan utama perempuan saat datang berkunjung ke toko. Saat memilih sepatu, perempuan lebih banyak memilih flats, diikuti wedges dan terakhir heels. Fakta ini didapatinya dari kebiasaan perempuan berbelanja di 40 toko Payless ShoeSource Indonesia.

"Perempuan di negara tropis dengan gaya casual lebih suka sepatu flats. Selain mereka juga butuh sepatu flats untuk jalan kaki. Sepatu flats juga diminati karena cocok untuk traveling,"ungkap Christine kepada Kompas Female di sela temu media di mal Gandaria City Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Meski begitu, menurutnya selera perempuan soal sepatu beragam. Di kawasan perkantoran misalnya, heels lebih banyak dicari. Namun secara umum, flats tetap menjadi pilihan perempuan dalam melengkapi penampilannya.

Untuk memenuhi ragam kebutuhan perempuan inilah, merek sepatu asal Amerika ini menyediakan lebih banyak sepatu perempuan, sekitar 60 persen. Sisanya, Payless yang rencananya menambah satu toko (ke-41) di Summarecon Mall Bekasi, menyediakan sepatu anak mulai dari bayi hingga usia sekolah (sekitar 30 persen), dan 10 persennya sepatu pria.

Tampilan formal, kasual hingga sepatu yang memenuhi kebutuhan fashion disediakan di toko sepatu yang jumlahnya akan bertambah menjadi 60 hingga akhir 2013 ini.

"Konsep Payless memang ingin memenuhi kebutuhan keluarga. Jadi saat datang ke toko, semua kebutuhan terpenuhi dari anak, ibu, ayah. Karenanya konsep sepatunya pun lebih ke basic, fokus pada fungsi. Harganya juga terjangkau terutama untuk bayi dan anak karena ibu biasanya tidak mau beli mahal untuk bayi yang terus bertumbuh," ungkapnya.

Memasuki toko sepatu Payless, Christine menggambarkan, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman berbeda. Sepatu ditata dengan menekankan pada pilihan ukuran.

"Tujuannya lebih untuk memudahkan pelanggan. Jadi begitu masuk, ditampilkan model sepatu dengan ukuran yang tersedia. Kalau model tersebut tidak menyediakan ukuran ukuran sepatu Anda, artinya model tersebut memang tidak menyedakan ukuran tertentu. Jadi, Anda bisa langsung tahu kalau model tersebut tidak ada yang berukuran sepatu Anda, dan membantu Anda membuat pilihan untuk mencari model lain yang tersedia dalam ukuran sepatu Anda," jelasnya.

Di toko sepatu ini pun, Anda bisa menemukan ukuran sepatu lebih besar untuk perempuan. Jika biasanya perempuan Indonesia memakai ukuran maksimal 39-40, Anda bisa lebih mudah menemukan ukuran sepatu 41 untuk perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com