Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2013, 15:59 WIB
KOMPAS.com - Sekarang  banyak dijual aneka ayam bakar yang tak pernah sepi pembeli, ada ayam bakar Solo, ayam bakar Lumajang, ayam Taliwang, dan sebagainya.

Kalau kita buat sendiri tentu kita bisa mengatur citarasanya sesuai selera kita. Tetapi sebelum membuat perlu diperhatikan beberapa hal berikut supaya hasilnya dapat maksimal.

Bumbu
Gunakan bumbu yang disesuaikan dengan berat ayamnya, sehingga bumbu dapat melumuri ayam dengan merata, dengan demikian rasanya pasti lebih lezat.

Ayam
Perhatikan ukuran ayamnya, jangan yang terlalu besar, karena bumbu akan sulit meresap ke dalam daging sehingga rasanya akan hambar. Untuk ayam bakar gunakan ayam dengan berat maksimal 300 gram atau cukup untuk 2 porsi saja. Memarkan ayam di persendiannya supaya bumbu lebih meresap atau bisa juga ditusuk-tusuk dengan tusuk satai.

Marinade
Yaitu merendam ayam dengan bumbu, jadi setelah bumbu diungkep, diamkan ayam selama 30 menit sampai 1 jam, supaya bumbu benar-benar meresap.

Membakar
Bakar ayam di atas bara api, jadi bukan di atas api yang berkobar, karena ayam akan menjadi hangus dan rasanya jadi pahit. Untuk pemula, lebih baik mengalasi ayam dengan daun pisang sehingga api tidak langsung mengenai ayam.

(Erwin Kuditawati/KlubNova)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com