Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satin dan Topi Bonnet untuk Pria di Paris Fashion Week

Kompas.com - 29/06/2013, 19:20 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Paris Fashion Week hampir tak jauh beda dari koleksi busana pria yang ditampilkan di London dan Milan. Sejumlah desainer menyuguhkan koleksi busana pria yang bisa dibilang nyeleneh, tetapi ada juga yang bisa jadi inspirasi.

Beberapa koleksi nyentrik itu dibawakan desainer asal Belgia, Walter Van Beirendonck. Entah untuk mencuri perhatian atau memang ingin memberi alternatif bagi pria dalam berbusana, dia sedikit keluar dari aturan mainstream dengan memilih yang berbeda.

Koleksi itu merentang dari piyama dari bahan satin, dengan motif print seperti vas bunga, atau perpaduan warna-warna lembut seperti putih, coklat, kuning, atau ungu. Yang membuat koleksi desainer asal Belgia ini tampak nyeleneh adalah ketika ia mendandani model dengan rambut warna emas, aksesori sarung tangan motif ular piton, atau bonnet (topi perempuan  abad pertengahan yang bercaping lebar dengan tali yang diikat di bawah dagu).

Tak lupa jika diperhatikan lagi lebih seksama, ia memakaikan beragam jenis kaus kaki motif kartun dan sepatu dengan warna berbeda kiri dan kanan. Potongan atasan seperti kaus, kemeja, atau piyamanya rata-rata berleher V yang curam.

Selain Van ada dua desainer lain yang memberi sentuhan berbeda dan cukup menarik. Seperti setelan kemeja dan jas warna monokrom yang unik, dari hitam hingga putih. Koleksi Julius untuk Spring/Summer 2014 menghadirkan gaya berbusana yang lebih siap pakai.

Begitu juga dengan koleksi desainer lain sepetri John Galliano, Givenchy, atau Maison Martin Margiela. Haider Ackermann menampilkan koleksi busana berbahan satin dengan warna-warna neon yang mencolok. Di antaranya atasan warna ungu atau celana panjang warna biru terang dipadukan dengan sepatu warna merah jambu. Penggunaan bahan satin yang jatuh dengan kombinasi warna terang membuatnya jadi sebuah tantangan bagi pria dalam berbusana.

Selain desainer asal Eropa, ada sejumlah desainer Asia yang turut ambil bagian dalam Paris Fashion Week yang digelar Kamis (27/6/2013) lalu. Di antaranya Yohji Yamamoto, yang menyuguhkan ciri khasnya dengan penggunaan warna-warna hitam dan abu-abu dengan sentuhan warna kuning dan biru langit.

Koleksi busana pria dari perancang asal Jepang itu sudah tidak diragukan lagi. Koleksinya kali ini masih seperti yang diumbar sebelumnya, yaitu tidak harus serasi untuk pria. Misalnya celana pendek dengan jaket, atau celana panjang yang dipotong tepat di bagian lutut dengan kemeja berleher tinggi motif abu-abu dan putih.

Yohji dan beberapa desainer Asia lainnya memberi kejutan dalam pekan mode Paris ini. Selain dia, ada Wooyoungmi dan Juun J dari Korea Selatan, serta Yusuke Takahashi dan Junya Watanabe dari Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com