Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2013, 22:46 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

Sumber MORE

KOMPAS.com – Menopause merupakan momen yang paling dikhawatirkan oleh kaum perempuan, terlebih bagi yang usianya menjelang 50-an. Salah satunya karena seiring bertambahnya usia, kaum perempuan bisa mengalami penurunan hasrat seksual hingga dua sampai tiga kali lebih sering dibandingkan kaum pria.

Bagi Anda yang menganggap seks sebagai aspek penting dari kehidupan berpasangan dan kesejahteraan secara keseluruhan, hal ini tentu sangat sulit diterima. Untuk itu, coba bangkitkan langkah-langkah berikut agar hubungan seksual Anda tetap bergairah.

Pikirkan tentang seks
Otak merupakan organ seksual paling penting pada diri seorang wanita. Jadi coba gunakan untuk berpikir tentang seks, terutama bagaimana saat kehidupan seks Anda begitu bergelora di awal hubungan Anda. Berpikir mengenai hal itu dapat membangkitkan keinginan untuk bercinta bersama pasangan.

Buat pertemuan intim bersama pasangan
Tulislah jadwal hubungan bercinta Anda pada kalender. Kalau tidak ingin secara ekstrim, coba ganti kata “seks” dengan pertemuan intim. Lupakan spontanitas. Rencanakan jauh-jauh hari bersama pasangan, lalu rancang rencana romantis bersama.

Ubah kebiasaan, mulailah kreatif
Kreativitas dapat menciptakan momen erotis bagi pasangan. Coba istirahat dari hubungan intim yang biasanya. Tinggalkan gaya misionari bila selama ini memang sudah membuat Anda bosan, dan hanya membuat Anda merasa sedang menjalankan kewajiban saja. Lakukan ritual dari film romantis atau novel erotis yang Anda sukai, dan jadikan inspirasi.

Fokus pada tubuh luar dan dalam
Mempertahankan gaya hidup sehat dengan olahraga rutin, kebiasaan tidur yang teratur, dan diet seimbang, dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Pada gilirannya nanti, kebiasaan ini dapat membantu meningkatkan gairah seksual. Anda dapat belajar untuk mencintai tubuh sendiri terlebih dahulu.

Bicarakan
Jangan sungkan untuk menceritakan kepada pasangan mengenai kebutuhan atau keinginan Anda yang telah berubah. Terkadang, masalah seksual yang disebabkan oleh masalah medis dan atau fisik, beberapa di antaranya dapat mudah diobati. Pengobatan medis terkadang dapat menyembuhkan, tapi ada beberapa juga yang dapat mengganggu kesehatan seksual. Tak ada salahnya juga untuk berbicara dengan seorang konselor hubungan atau terapis seks.

Jangan berhenti
Lanjutkan aktivitas seksual selama yang Anda inginkan. Usia Anda bukanlah masalah. Aktivitas seksual secara teratur, dengan pasangan atau dengan stimulasi diri, dapat membantu mempertahankan elastisitas vagina dan meningkatkan cairan pada vagina yang berfungsi sebagai pelumas alami. Maka hubungan seks pun akan menjadi lebih baik, lebih nyaman, dan lebih memuaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MORE

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com