Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2013, 07:53 WIB
KOMPAS.com - Untuk mendapatkan kehamilan yang berkualitas juga menjaga tubuh ibu tetap sehat, lakukan aktivitas penting sepanjang kehamilan berikut ini.

* Kontrol rutin.
Kontrol rutin kehamilan sangat penting dilakukan. Hal ini untuk melihat kondisi kesehatan ibu, kondisi kehamilan, pertumbuhan dan perkembangan janin, asupan nutrisi, masalah kesehatan, dan sebagainya.

Jika ada pertanyaan dan keluhan, ibu bisa berkonsultasi ke dokter saat kontrol rutin sehingga bisa ditangani segera. Kontrol rutin umumnya dilakukan sebulan sekali, dan dipersering menjelang persalinan. Kecuali pada kasus tertentu. kehamilan bermasalah misalnya, kontrol dilakukan bisa lebih sering sesuai anjuran dokter.

* Perkaya wawasan.
Ibu yang ingin hamil atau sedang hamil sebaiknya perkaya wawasan tentang kehamilan, pertumbuhan dan perkembangan janin, asupan nutrisi yang diperlukan, masalah kesehatan dan sebagainya. Semakin banyak wawasan yang dimiliki, ibu akan lebih siap menjalani kehamilan. Ibu lebih tahu mana yang boleh dan tidak dilakukan, lebih memahami nutrisi yang dibutuhkan, lebih memahami kondisi kehamilan, dan sebagainya.

Memperkaya wawasan bisa dengan membaca buku, majalah, browsing, bertanya kepada orang yang sudah punya pengalaman lebih dulu, sharing dan pastinya berkonsultasi langsung ke dokter kandungan.

* Vaksinasi.
Sebelum hamil, calon ibu perlu melindungi dirinya dari penyakit yang dapat mengganggu kehamilan dengan melakukan vaksinasi. Misalnya, vaksin hepatitis B, flu, tetanus, dan sebagainya.

Berkonsultasilah ke dokter jenis vaksin apa saja yang dibutuhkan. Sebab ini terkait dengan kondisi kesehatan ibu pada saat itu dan saat berikutnya kala hamil. Dengan pemberian vaksin ini diharapkan kondisi kehamilan ibu bisa lebih baik.

(Tabloid Nakita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com