Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2013, 16:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jalan terbaik untuk memiliki kebebasan finansial di usia muda adalah dengan membangun sebuah usaha mandiri. Sayangnya, jalan untuk membangun usaha tidaklah mudah.

"Banyak rintangan dan hambatan yang dialami, misal modal, lokasi dan juga jenis bisnis yang dipilih. Salah pilih jenis usaha bisa membuat usaha Anda gagal," jelas Henry Indraguna, pemilik usaha The Autobridal International saat talkshow "Melirik Laba Bisnis Waralaba" di Senayan City beberapa waktu lalu.

Henry mengungkapkan bahwa untuk meminimalisasi kegagalan saat membangun usaha, maka ada baiknya memilih jenis usaha franchise atau waralaba. Lalu apa keuntungannya memilih jenis bisnis waralaba?

1. Franchise tak sekadar beli usaha, tapi juga beli pengalaman.
Membangun usaha yang sukses tak bisa instan. Butuh waktu bertahun-tahun dan riset yang mendalam untuk menemukan produk atau resep yang benar-benar disukai pasar.

"Dengan menjadi seorang franchisee (yang memiliki usaha franchise),secara tak langsung Anda tidak perlu berjuang dari awal lagi. Beli franchise juga berarti beli pengalaman dagang," ungkap Henry.

2. Tidak perlu branding usaha
Menurut Henry, hal yang paling sulit ketika membangun sebuah bisnis adalah branding atau memperkenalkan brand serta jenis usaha Anda pada masyarakat luas.

Ketika menjalankan usaha franchise, biasanya brand usahanya sudah dikenal di mana-mana. Sehingga Anda tak perlu bersusah payah untuk mempromosikan usaha kembali.

3. Kemungkinan sukses lebih besar
Karena usahanya sudah dinilai lebih berpengalaman dan juga promosi brand sudah dilakukan oleh pemilik usaha (franchisor), maka Anda sebagai franchisee bisa berpeluang tinggi untuk sukses.

"Dengan kata lain, melalui usaha franchise kesempatan sukses bisa mencapai 70 persen, sedangkan usaha sendiri dari bawah hanya 60 persen. Akan tetapi semuanya tergantung dari Anda saat menjalankan usahanya, apakah sesuai prosedur standar usaha atau tidak," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com