Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2013, 07:28 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com — Memasuki bulan puasa tentunya ada perubahan yang mesti disiasati, terutama berkaitan dengan jadwal makan dan tidur. Bagaimana dengan olahraga? Nah, berikut lima hal yang bisa Anda persiapkan.

1. Niat kuat
Riuh rendah menyambut bulan Ramadhan bukan sekadar mengucap selamat, tapi kesiapan dari diri sendiri untuk memulai menunaikan ibadah puasa. Karena dengan begitu, ada niat bersiap bangun pagi (pukul tiga pagi) untuk sahur dan beraktivitas seperti biasa dengan menahan lapar dan haus hingga saat berbuka (sekitar pukul enam sore). Karena itu, mempersiapkan diri menjadi hal yang tak kalah penting dengan niat yang kuat.

2. Konsumsi makanan sahur yang sehat.
Penuhi asupan makanan lengkap nutrisi, dengan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Jangan abaikan konsumsi sayur dan buah saat sahur karena ini bisa menjadi cadangan makanan buat tubuh di siang hari. Begitu juga dengan air.

3. Jadwal ulang waktu istirahat
Ketika mengetahui akan bangun pukul tiga dini hari, Anda mengalami perubahan dari yang biasanya masih dalam keadaan tidur lelap. Kondisikan untuk tidur lebih awal dari biasanya, minimal enam atau delapan jam sehari sehingga kebutuhan tubuh untuk beristirahat masih terpenuhi.

4. Olahraga di pagi dan sore hari.
Berpuasa bukan berarti berhenti berolahraga. Sejumlah dokter menganjurkan olahraga bisa dilakukan saat subuh atau pagi hari dan atau pada sore hari menjelang berbuka. Jenis latihan atau olahraga bisa yang ringan, seperti jalan santai, jogging, atau bersepeda. Jangan dulu latihan beban saat menahan lapar.

5. Berbuka dengan bertahap
Saat berbuka, awali dengan air putih dan konsumsi makanan yang manis. Setelah shalat Maghrib lanjutkan dengan makanan lengkap nutrisi. Usahakan jangan tunda makan setelah shalat Isya atau tarawih karena biasanya waktu ini digunakan untuk makanan ringan sebelum tidur.

Dengan kesiapan ini, berpuasa bisa menjadi momen ibadah yang menyenangkan. Anda tetap sehat dan bugar menjalaninya.

(Berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com