Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2013, 08:41 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com — Nasi adalah sumber karbohidrat utama bagi masyarakat Indonesia. Namun, untuk beberapa orang yang ingin diet atau bosan menyantap nasi, kentang bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat alternatif.

"Kentang sebagai alternatif karbohidrat bisa diolah dengan banyak cara. Namun, cara yang paling sehat untuk menyantap kentang adalah dengan cara direbus," jelas Chef Degan Septoadji beberapa waktu lalu di Jakarta.

Namun, untuk memberi rasa pada kentang, ada baiknya untuk merebus kentang dengan tambahan garam di dalamnya.  Garam ini akan memberi rasa gurih pada kentang sehingga bisa menambah nafsu makan.

Chef Degan memberi beberapa trik saat merebus kentang ini. Cuci bersih kentang dan hilangkan tanah-tanah dari kulitnya, kemudian rebus kentang dengan tambahan garam secukupnya. Rebus sampai matang, kemudian kupas kulitnya ketika kentang masih panas. Pengupasan kulit saat kentang masih panas ini bertujuan untuk mengupas kulitnya setipis mungkin.

Perlu diketahui bahwa kandungan vitamin kentang yang paling tinggi berada di bawah kulit ari kentang sehingga ketika kentang dikupas terlalu tebal, vitaminnya juga akan berkurang banyak.

"Kalau suka, kulit kentang rebus ini tidak perlu dikupas karena sudah bersih. Tapi, kalau tidak suka, ada kulitnya, kupaslah kulit saat kentang masih panas," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com