Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2013, 13:20 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Perempuan bakal kehilangan banyak kenangan berharga lantaran terlalu keras mengkritik penampilannya sendiri. Sikap malu dan melihat diri sendiri hanya dari sisi negatif atau memiliki ketidakpuasan fisik membuat perempuan juga semakin kehilangan kepercayaan diri.

Kepercayaan diri perempuan yang menipis ini kemudian membuatnya tak berdaya, salah satunya di depan kamera. Banyak perempuan yang tak sudi tampil apa adanya, dengan kecantikan alaminya. Pasalnya, perempuan tak merasa dirinya cantik dengan kesempurnaan semu yang dipertontonkan selebriti. Citra sempurna yang diinternalisasikan secara sosial inilah yang membuat perempuan kehilangan makna kecantikan yang sebenarnya.

Ketidakpercayaan diri perempuan ini tampak terlihat jelas saat perempuan berhadapan degan kamera, video atau foto. Padahal, jika perempuan percaya diri dan tak malu tampil di depan kamera dengan kecantikan alaminya, berbagai momen berharga bisa terekam dan menjadi kenangan 5-10 tahun bahkan puluhan tahun mendatang.

Penelitian Global Dove menyebutkan perempuan adalah kritikus kecantikan terburuk bagi diri mereka sendiri dan secara aktif akan menghindari situasi dimana penampilan mereka disorot, seperti misalnya pengambilan foto.  

Ketika dihadapkan dengan foto diri mereka lebih dari setengah perempuan atau 55 persen melihat hanya sisi-sisi negatif dan menganggap diri mereka "tidak menarik," "jelek," atau "terlalu gemuk."

Penelitian ini juga menemukan bahwa kekhawatiran atas kecantikan merupakan alasan utama sikap malu-malu perempuan di depan kamera.

Lebih dari setengah perempuan, 57 persen, mengakui bahwa kekhawatiran atas penampilan cenderung menimbulkan efek negatif terhadap perasaan mereka ketika berada di depan kamera.

Tak hanya saat berada di depan kamera, perempuan juga sangat mengkhawatirkan penampilan saat foto mereka tertera di berbagai media sosial misalnya. Riset ini juga menunjukkan 65 persen perempuan mengaku bahwa diambil/diunduhnya foto mereka membuat mereka merasa lebih khawatir terhadap penampilan dibandingkan beberapa kondisi lain dalam siklus kehidupannya.

Penelitian ini mengungkapkan betapa penampilan menjadi sumber kekhawatiran terbesar perempuan. Hanya 47 persen perempuan yang mengaku khawatir saat harus berbicara di depan umum. Juga 44 persen perempuan mengaku khawatir menjalani kencan pertama, dan 41 persen yang mengaku khawatir saat harus pergi ke sebuah wawancara kerja.

Ketidakpercayaan diri perempuan akan penampilannya membuatnya malu-malu tampil di depan kamera. Hal ini berlangsung sejak usia 11 hingga 20. Sebanyak 36 persen perempuan mengakui mereka mulai menjadi pemalu di depan kamera di usia ini.

Tak hanya itu, semakin modern dan berkembangnya perempuan ternyata tak mengubah pola pikir perempuan terhadap penampilannya. Karena fakta menunjukkan 55 persen perempuan lebih pemalu di depan kamera pada masa kekinian dibandingkan 10 tahun lalu.

Sumber: Lembar Fakta Dove-Unilever

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com