Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2013, 15:11 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Perhelatan Jakarta Fashion Week 2014 (JFW) akan segera dilaksanakan Oktober mendatang. Namun tahun ini, JFW akan memberikan lebih banyak kejutan bagi pecinta fashion.   Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, JFW tahun ini akan mendatangkan tamu internasional yang populer di dunia fashion.

"Namun siapa pastinya, masih jadi kejutan," ungkap Very Setiadi, Marketing Director Senayan City kepada KompasFemale di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Diaz Parzada, Creative Director JFW, mengungkapkan bahwa JFW juga akan hadir dengan nuansa yang lebih internasional.

"Salah satu misi kami adalah mengangkat citra busana lokal Indonesia ke pasar dunia. Maka setiap tahun kami berusaha untuk mengundang lebih banyak buyer luar negeri untuk melihat karya anak negeri di JFW ini," jelas Diaz, saat konferensi pers JFW di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2013) lalu.

Diaz mengungkapkan bahwa tahun ini ada penambahan jumlah buyers dari department store asing yang diundang, seperti Harvey Nichols, Shinsegae, Saks Fifth Avenue, Isetan, dan Lambert Associates, yang menaungi Neiman Marcus dan Bergdorf Goodman.

Selain mengundang buyers terpilih, JFW juga berharap akan ada buyers lain yang mengunjungi area Buyer's Room JFW di mana para desainer memamerkan karya-karyanya. "Maka untuk tahun ini kami membuka Buyer's Room beberapa hari sebelum pelaksanaan show JFW," kata Diaz.

Rencananya, Buyer's Room ini akan dibuka pada 17-19 Oktober 2013 mendatang (pelaksanaan JFW 19-25 Oktober). Pertimbangannya, pada tanggal 16-20 Oktober, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia akan menggelar Indonesia Trade Expo di JIExpo. Dengan adanya trade expo ini, diharapkan buyers yang hadir di acara tersebut bisa mampir lebih dulu ke Buyer's Room JFW.

"Ini adalah salah satu bentuk sinergi kami dengan Kementerian Perdagangan RI. Trade Expo ini punya cakupan produk yang sangat luas, dari mass garment sampai barang jadi. Dan diperkirakan ada 10.000-25.000 buyers yang akan hadir," paparnya.

Di dalam Buyer's Room ini nantinya akan ada sekitar 30 desainer lokal yang memamerkan karyanya. Para desainer yang terpilih memajang koleksinya di area ini adalah delapan desainer yang mengikuti program Fashion Forward tahun lalu, 12 desainer Fashion Forward tahun ini, dan sisanya merupakan desainer yang dipilih oleh Fashion Council Indonesia.

Desainer internasional
Tak cuma menghadirkan Buyer's Room lebih awal, Diaz juga mengungkapkan bahwa JFW tak hanya menampilkan show desainer lokal saja.

Seperti tahun lalu, para perancang internasional juga akan memamerkan karya-karya terbarunya. Beberapa desainer yang akan tampil antara lain desainer dari Belanda, Melbourne, Thailand, Korea, dan Jerman. "Semoga semua desainer ini benar-benar bisa hadir memeriahkan JFW," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com