Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2013, 15:27 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

KOMPAS.com – Tak hanya orangtua yang bisa mengalami stres, anak-anak juga bisa mengalami hal yang sama. Nah, untuk mengatasi stres pada anak, coba lakukan kegiatan yoga bersama mereka.

Tina Maladi, pakar yoga anak, mengatakan bahwa setiap anak bisa mengalami stres di masanya. Baik itu berasal dari lingkungan atau keluarganya sendiri. Untuk membantunya melalui masa-masa tersebut, anak bisa melakukan gerakan yoga yang berbeda dari orangtua mereka.

Yoga untuk anak dan orang dewasa berbeda. Yoga untuk anak juga membantu mereka untuk mengembangkan daya gerak mereka yang berfungsi bagi perkembangan otak mereka,” ujarnya, pada KompasFemale di Beauty Couture, Mal Taman Anggrek, Jakarta, Selasa (23/7/2013) lalu.

Yoga, merupakan penggabungan gerakan tubuh dan otak yang berfungsi merilekskan kondisi tubuh dan membuat mereka merasa nyaman. Selain itu, gerakan yoga juga membantu meluruskan tulang punggung agar menjadi tegak kembali.

Yoga untuk anak-anak terbagi dalam beberapa kategori, yaitu Kids Yoga (usia 4 – 8 tahun), Kids Yoga (usia 9 – 13 tahun), Yoga Anak Spesial, dan Yoga untuk Ibu dan Bayi. Semua diprogram sesuai kebutuhannya masing-masing.

Dalam mengajarkan murid-muridnya, Tina tidak memberikan gerakan yang sulit layaknya pose untuk orang dewasa. Ia lebih merepresentasikan gerakan alam, seperti pose pohon untuk keseimbangan, fokus, dan kekuatan kaki anak.

“Anak zaman sekarang, lebih banyak bermain dengan gadget, seperti smartphone, iPad, dan laptop. Tanpa disadari, efek buruk untuk itu semua bisa mengakibatkan struktur tulang mereka menjadi berkembang tidak sempurna, sehingga akan berisiko tinggi mengalami sakit punggung atau kelainan pada tulang belakang dalam beberapa tahun ke depan," terang Tina.

Oleh karenanya, yoga untuk anak baik dilakukan secara rutin, setidaknya dua kali seminggu selama 30 – 45 menit. Walau orangtua tidak punya cukup waktu melakukan yoga di tempat latihan, Anda dapat melakukannya sendiri bersama buah hati di rumah dengan bantuan kartu yoga (kartu yang sudah ada pose dan instruksi latihannya).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com