Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2013, 13:56 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com - Diet tidak hanya tergantung pada makanan yang kita pilih, tetapi juga pada kepribadian kita. Mengenali bagaimana tipe kepribadian makan kita, tidak hanya akan membantu memahami bagaimana hubungan kita dengan makanan, tapi juga bagaimana kita mengelola diet dan pola makan sehingga kita merasa lebih sehat, demikian menurut Karen Knowler, penulis Eat Right for Your Personality Type.

"Masing-masing dari kita memiliki cara individual untuk berpikir, merasa, dan bertindak tentang makanan untuk berbagai alasan. Namun masing-masing dari kita juga punya gaya makan utama, atau kepribadian makanan yang harus kita sesuaikan," paparnya.

Ada orang-orang yang menggunakan kecerdasan mereka untuk mengatur pilihan makanan, dan senang diberitahu apa yang perlu dimakan, dan ada orang yang menggunakan makanan untuk membuat mereka merasa nyaman meskipun dilanda berbagai masalah dalam hidupnya. Jika kita tahu tipe kepribadian makan kita, kita akan memilih makanan yang sesuai dengan keadaan kita  dan menjadi lebih sehat karenanya.

Tipe kepribadian dalam makan:
Fungsional. Tipe ini merupakan mereka yang makan sekadar untuk memenuhi rasa lapar, supaya mereka menjadi kuat dan segera dapat melakukan hal-hal lain yang lebih penting. Yang penting, semuanya disiapkan dengan cepat dan nyaman. Tip: Siapkan daftar makanan dan di mana bisa mendapatkannya. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan variasi makanan yang bergizi.

Sensual. Bagi mereka, makanan memang untuk dinikmati, dan mereka senang memasak untuk orang lain. Mereka menikmati setiap sesi bersantap, sambil ngobrol secara intens dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama. Meskipun kadang mereka tahu makanan yang dimakan kurang sehat, namun mereka sanggup menikmatinya. Tip: Luangkan waktu untuk menyusun menu yang lebih sehat namun tetap lezat.

Intelektual. Makanan enak memang menggiurkan, tapi makan dengan sehat lebih penting buat mereka. Orang-orang ini rajin membaca buku-buku tentang pola makan yang sehat, dan menganggap makan untuk kesenangan itu tak bisa ditoleransi. Tip: Anda bisa meneruskan gaya hidup sehat seperti ini, tapi tak ada salahnya makan enak sekali-sekali.

Emosional. Mereka makan untuk membuat diri merasa lebih baik. Tipe ini cenderung makan untuk memanjakan diri, atau malah menghukum diri, tergantung pada apa yang terjadi dalam kehidupan mereka. Yang pasti, makanan adalah cara utama untuk melakukannya. Tip: Kapan saja Anda merasa ingin makan meskipun sedang tidak lapar, coba temukan cara lain untuk memanjakan diri. Entah itu mandi air panas, atau jalan-jalan bersama teman.

Fokus. Mereka tipe orang yang makan dengan tujuan tertentu, misalnya: menurunkan berat badan, atau menurunkan kadar kolesterol. Mereka sangat disiplin, dan mendapat hasil yang diinginkan. Namun, mereka bisa terobsesi karenanya.  Tip: Buat grafik tentang pengukuran tubuh atau pelacak berat badan yang bisa menggambarkan tujuan Anda. Lalu tentukan menu yang akan membuat Anda mencapai hasilnya.

Intuitif.  Tipe ini mampu menikmati makanan, tapi juga tetap mendengarkan sinyal dari tubuh mereka. Ketika kepala mulai terasa pusing, atau otot terasa linu-linu, mereka mulai mengurangi makan daging. Tip: Anda butuh pola makan yang fleksibel. Buat daftar makanan yang paling dibutuhkan oleh tubuh, lalu susun menu dari situ. Sesuaikan selera makan dan reaksi tubuh terhadap makanan tersebut.

Eksperimental. Mereka senang mencoba makanan-makanan baru, dan biasanya tidak memiliki batasan mengenai apa yang mereka makan. Mereka senang bersosialisasi dan makan di luar. Makin aneh menunya, mereka makin suka. Tip: Makanan yang itu-itu saja adalah musuh terbesar mereka. Susun menu makanan yang bervariasi, dari manis, asin, pedas, pahit, sayuran mentah, atau yang harus dinikmati berkali-kali sampai "ketemu" enaknya. Yang jelas, pilih yang tidak berkalori tinggi.

Etis. Tipe ini makan untuk hal-hal yang sifatnya etis dan prinsip, seperti para vegetarian, atau hanya mengonsumsi produk-produk lokal. Makanan haruslah bersih, bernutrisi, dan bebas dari kekejaman binatang dalam proses pembuatannya. Tip: Meskipun kelihatannya apa yang menjadi prinsip mereka sangat ideal, namun bisa saja nutrisi utama yang dibutuhkan bisa terlewatkan. Pastikan hal itu tetap terpenuhi ketika menyusun menu makanan.

Bingung. Mereka orang-orang yang tidak habis pikir dengan segala informasi tentang makanan yang sehat, bernutrisi, atau apa yang boleh atau tidak boleh dimakan. Ketika makan sesuatu, mereka menjadi khawatir ketika orang lain mengatakan bahwa makanan tersebut tidak sehat. Mau makan saja kok repot, begitu pikir mereka. Tip: Berpegang lah pada prinsip bahwa sesuatu selama tidak dikonsumsi berlebihan pasti tidak akan menyakitkan!

Sosial. Mereka senang makan-makan dan minum-minum, dan seringkali makan tanpa dipikir lagi. Kadang-kadang, mereka menyerahkan saja pilihan menu pada teman-temannya. Tip: Tetap jaga agar sesi makan menyenangkan. Buat daftar tempat-tempat makan yang Anda sukai, dan ciptakan menu yang termasuk makanan rumahan sekaligus tempat-tempat favorit Anda tersebut.

Nah, tipe kepribadian manakah Anda dalam hal makan? Jika, Anda merasa cocok dengan salah satu kepribadian di atas, tak ada salahnya mengubah pola diet Anda sesuai kategori kepribadian Anda. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com