Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2013, 12:54 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Mulai 1 Agustus tahun ini, menu-menu di McDonald's tidak lagi hanya bisa dibayar dengan uang tunai, tetapi juga dengan kartu debit atau kartu kredit Visa.

Untuk tahap pertama, pembayaran dengan Visa ini berlaku di seluruh outlet McD di Jabodetabek, Surabaya, dan Bali. Direncanakan pada 23 September 2013 mendatang sistem pembayaran ini sudah bisa diterapkan di seluruh outlet McD di Indonesia. Saat ini tercatat, McDonald's memiliki 142 outlet yang tersebar di 33 kota di Indonesia.

"Jika selama ini belanja di McD hanya menggunakan uang tunai dan kartu debit BCA di beberapa gerai, sekarang semua bisa menggunakan Visa," ujar Michael Hartono, Direktur Pemasaran dan Komunikasi McDonald's Indonesia, di outlet McDonald's Sarinah, Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Michael menambahkan, peluncuran program pembayaran dengan sistem elektronik ini didorong oleh keinginan konsumen akan pelayanan yang cepat. Pembayaran dengan kartu Visa diyakini akan membantu mempercepat waktu transaksi.

Dengan diberlakukannya Visa Easy Payments Service atau VEPS, pemegang kartu Visa yang melakukan transaksi kurang dari Rp 200.000 tidak perlu memasukkan PIN atau membubuhkan tanda tangan. Cukup dengan menggesek atau memasukkan kartu untuk pembayaran.

Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa World Wide Indonesia, menuturkan bahwa McDonald's menjadi restoran waralaba pertama yang menerima pembayaran dengan kartu Visa.

"Dengan perkembangan teknologi yang pesat, saya yakin semua orang akan terbiasa dengan sistem pembayaran elektronik, tak lagi perlu bawa uang tunai jika mau berbelanja," ujarnya menambahkan.

Menurut Ellyana, Visa berperan menggantikan uang tunai sebagai alat pembayaran. Dia optimistis, masyarakat akan terbiasa dengan pembayaran elektronik, dan pada 2030 diyakini masyarakat Indonesia kelas menemgah akan terus meningkat dan akses terhadap sistem digital dan paperless makin besar.

"Meskipun transaksi dengan Visa tidak memerlukan PIN atau tandatangan, keamanan transaksi tetap terjamin karena semua terotorisasi secara elektronik oleh penerbit kartu," ujar dia.

Selain itu, pemegang kartu dapat melacak transaksi yang telah dilakukan sehingga bisa terpantau kalau ada penyalahgunaan. Pembayaran dengan kartu Visa juga dibarengi dengan sejumlah benefit, di antaranya mendapat poin reward, diskon, dan keuntungan lain saat pembayaran.

Dalam masa pengenalan pembayaran ini, Visa dan McDonalds memberikan satu paket Hemat Cheeseburger gratis untuk setiap pembelian satu paket menu, atau Combo Hemat ukuran large di McDonald's. Program promosi ini berlaku di seluruh outlet McD di Jakarta pada 1 Agustus 2013 pukul 17.00 hingga 20.00.

Visa dan McDonald's juga mengadakan undian berhadiah pada 2 Agustus hingga 31 Oktober 2013, di mana para pengunjung berkesempatan memenangkan total 5 skuter Vespa Piaggio untuk setiap transaksi minimal Rp 500.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com