Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2013, 17:14 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com - Menjalani hidup seorang diri sebagai single parent memang tidak mudah. Predikat janda yang diterima terkadang menuai cibiran negatif di kalangan masyarakat. Tetapi, Wanda Hamidah, yang menyandang status janda sejak tahun lalu, mempunyai cara pandang yang berbeda menyikapi itu semua.

Selama ini ia merasa baik-baik saja dengan statusnya setelah bercerai dengan sang suami, Cyril Roul Hakim. Ia mengakui sempat mengalami masa-masa sulit, seperti berada di titik nol. Namun, ia mampu menjalani setahun ini dengan baik.

"Hubungan dengan mantan suami baik, hubungan dengan anak juga baik, enggak ada masalah. Ini bisa dilalui karena peran serta banyak orang, saya juga enggak bisa melalui ini semua sendiri. Saya punya anak yang kuat, team work orangtua, ada asisten RT saya, supir saya... they are all supporting me. Kalau enggak ada team work, itu sulit. Saya punya bahu untuk bersandar, masa sulit bisa terlampaui dengan baik," paparnya panjang lebar, dalam acara Dompet Dhuafa "1000 Bingkisan Lebaran Untuk Janda" di Main Atrium East Mall, Grand Indonesia Shopping Town, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2013).

Ia juga tidak memungkiri jika dirinya ingin kembali hidup berpasangan, karena ia sadar manusia memang diciptakan untuk hidup berpasangan. Tetapi, hal tersebut tidaklah mudah. Wanda hanya dapat berusaha dan berdoa untuk mendapatkan yang terbaik.

"Semoga Allah kasih jodoh yang terbaik. Memang enggak langsung dijawab, tapi pelan-pelan. Kan manusia itu berpasangan, saya berdoa semoga dikasih yang terbaik," tambah anggota DPR Komisi E yang juga anggota Fraksi Partai Amanat Nasional ini.

Untuk menghilangkan rasa kesepiannya, ia menyibukkan diri dengan banyak melakukan kegiatan yang menyita waktu. Baik lewat kegiatan sosial, atau meluangkan banyak waktu bersama keluarga.

Walaupun hidup sendiri dengan status janda, menurut Wanda yang harus ditekankan adalah tidak boleh putus asa. Karena, ia percaya Tuhan Maha Melihat dan Mendengar, tempat kita bergantung.

"Sebagai wanita, kita punya kelebihan masing-masing. Harus percaya diri dengan kemampuan. Asal pekerjaan yang dilakukan halal, harus percaya diri. Saya percaya manusia punya skill yang bisa didalami," tandasnya, seraya menyemangati para janda yang hadir dalam acara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com